Kompas.com - 21/09/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil Unsplash/Francesca TosoliniIlustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan yang sempit menjadi sebuah tantangan saat mendekorasinya. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa membuat ruangan tampak besar dan luas.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (21/9/2021), cat, furnitur, dan pencahayaan merupakan beberapa hal yang dapat dimanfaatkan saat mendekorasi ruang kecil agar terlihat lebih besar seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Besar 

Garis diagonal

Jarak terpanjang dalam sebuah ruangan adalah diagonal di antara sudut-sudutnya. Anda dapat membuat ruang kecil tampak lebih luas dengan menekankannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memasang lantai diagonal dan mengatur furnitur dalam garis diagonal daripada menyelaraskan semuanya dengan dinding.

Kedua trik ini mendorong mata untuk mengikuti garis diagonal dan melihat lebih dalam ke ruangan daripada fokus pada dinding pendek. Pastikan membuat banyak ruang di tengah ruangan untuk membantu ruangan terasa lebih besar. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok untuk Ruang Kecil dan Apartemen 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warna

Warna cat terang membantu membuat ruang kecil tampak lebih luas dan besar. Biru muda, hijau muda, dan krem adalah warna terbaik untuk memberikan kesan luas dan lapang tersebut.

Namun, warna apa pun yang dipilih, sebaiknya menjaga agar pengaturan warnanya tetap sederhana. Anda dapat menambahkan sedikit kelapangan dengan mengecat trim menggunakan warna dinding yang lebih terang.

Menyesuaikan setidaknya beberapa furnitur dengan warna dinding adalah cara lain yang terbukti membuat ruangan tampak lebih besar.

Selain itu, meja kopi kaca atau rak tembus pandang juga dapat membuat ruang kecil tampak lebih luas. 

Baca juga: 5 Tips Memilih dan Menata Furnitur di Ruang Kecil 

Pencahayaan

Semakin banyak cahaya di dalam ruangan, semakin besar rasanya. Jika Anda tidak dapat menambahkan skylight, tutupi jendela dengan kain tipis. Permukaan reflektif di dalam ruangan akan membantu mendistribusikan cahaya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.