Kompas.com - 24/09/2021, 13:38 WIB
Ilustrasi tanaman hias african violet. SHUTTERSTOCK/SUNNY_SMILEIlustrasi tanaman hias african violet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir, khususnya sejak pandemi virus corona (Covid-19) melanda. Selain menjadi koleksi, tanaman hias dapat menjadi elemen dekorasi rumah yang menarik, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, beberapa tanaman hias juga memiliki manfaat membersihkan udara di dalam rumah dan bahkan menguarkan aroma harum.

Apabila Anda ingin mempercantik ruangan di rumah dengan tanaman hias, jangan hanya terpaku pada tanaman hias daun. Ada banyak tanaman bunga cantik yang dapat Anda pilih sebagai elemen dekorasi.

Baca juga: 6 Bunga Berwarna Hitam yang Unik dan Misterius

Untuk merawat tanaman bunga di dalam ruangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, perhatikan lingkungan di dalam ruangan Anda.

"Salah satu kunci utama (dan paling penting) untuk berhasil merawat tanaman berbunga adalah akses ke sinar matahari alami," kata ahli tanaman dalam ruangan dan pendiri Desk Plants Lawrence Hanley seperti dikutip dari Women's Health, Jumat (24/9/2021).

Jika rumah Anda tidak memiliki akses ke cahaya alami, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam pencahayaan fluorescent buatan yang dibuat khusus untuk tanaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menemukan tempat yang sempurna untuk tanaman bunga, Hanley mengatakan untuk memastikan tiga hal, yakni sinar matahari, kelembapan, dan air yang cukup.

Baca juga: 5 Kesalahan Menanam Bunga Mawar yang Harus Dihindari

Elle Meager, pendiri blog berkebun Outdoor Happens menambahkan, tanaman dalam ruangan sangat rentan terhadap serangga dan penyakit, jadi Anda harus terus mengawasinya.

"Basmi hama secara manual atau obati dengan pestisida organik yang sesuai, yang lebih disukai karena (tanaman) berada di dalam rumah," terang Meager.

Berikut beberapa tanaman bunga di dalam ruangan yang mudah tumbuh dan dirawat.

1. Geranium

"Geranium sangat mudah dirawat. Mereka membutuhkan tanah pot yang dikeringkan dengan baik dan penyiraman minimal," jelas Meager.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.