Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Mendesain Kamar Mandi agar Mudah Dibersihkan

Kompas.com - 15/11/2021, 15:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua ruangan di rumah, kamar mandi paling cepat kotor. Paparan konstan kelembapan, uap, dan buih sabun bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk membersihkan kamar mandi. 

"Kamar mandi yang mudah dibersihkan sangat penting untuk memiliki rumah yang meningkatkan dapat gaya hidup Anda," kata Coco Tully, desainer interior untuk Cote Interiors, dilansir dari Homes to Love, Senin (15/11/2021). 

Baca juga: Cacing Sering Muncul di Kamar Mandi? Ini 4 Penyebabnya

Coco mengatakan kamar mandi yang sulit dibersihkan sering mudah ditumbuhi jamur dan lumut, yang dapat merusak kesehatan.

Tata letak kamar mandi yang baik, permukaan yang baik, dan penyimpanan kamar mandi yang cerdas akan sangat membantu memangkas waktu pembersihan serta menghemat uang. 

Berkut trik mendesain kamar mandi agar mudah dibersihkan. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kamar Mandi Bebas Jamur dan Kuman 

Warna yang menyamarkan noda

Saat memilih warna untuk kamar mandi, pertimbangkan permukaan yang dikerjakan. "Di lantai, selalu gunakan ubin berpola karena akan mengalihkan mata dari fokus pada kotoran atau debu," kata Coco.

"Pastikan memilih nat yang sedikit lebih gelap dari ubin itu sendiri karena nat akan menjadi hal pertama yang berubah warna," ucapnya.

Untuk dinding tanpa ubin, pilih warna terang dan lapang seperti putih, cokelat muda, kelabu tua, hijau muda, dan abu-abu lembut karena warna ini bisa membuat ruangan terasa segar, bersih secara visual, serta membantu ruangan kecil terasa lebih besar.

“Cari cat kamar mandi tahan noda yang dirancang khusus untuk area basah dan dilengkapi antijamur,” kata Romy Nayagam, Brand Manager Dulux. 

Baca juga: Ide Membuat Dinding Kontras di Kamar Mandi 

Meja rias yang mudah dibersihkan

Ilustrasi ruang rias di kamar mandiUnsplash/Zac Gudakov Ilustrasi ruang rias di kamar mandi
Sebagai tempat penyimpanan utama di kamar mandi, meja rias memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan kamar mandi. 

"Sebuah meja rias yang digantung pada dinding dengan banyak penyimpanan dapat digunakan menyimpan barang-barang sehari-hari dan tidak membuat berantakan, ditambah lantai di bawahnya dapat diakses dan mudah untuk dipel," ujar desainer interior Coco.

Selain itu, pastikan meja rias mudah dibersihkan dan meluas ke wastafel dan keran.

"Pilih meja rias dengan baskom terintegrasi untuk mengurangi celah kotoran dan debu dapat terkumpul dan pilih keran yang dipasang pada dinding, yang menghentikan air menetes ke permukaan keran," kata Franco Parisi, Chief Operating Officer Parisi.

Coba dan hindari keran dengan tonjolan yang rumit karena ini menciptakan are untuk kotoran dan kuman dapat menumpuk," tambahnya. 

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Kamar Mandi Mewah Seperti di Hotel 

Kloset yang mudah dibersihkan 

Kloset saat ini hadir dengan begitu banyak fitur bersih-bersih yang mungkin tidak perlu Anda menggosoknya lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com