Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Besar

Kompas.com - 20/09/2021, 17:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau ruang kecil, tentu sudah akrab dengan konsep memaksimalkan ruang.

Akan tetapi, tinggal di ruang kecil memberi kemudahan seperti memiliki perawatan yang minim serta mudah mendekorasinya. Lantas, bagaimana mendekorasi ruang kecil agar tampak besar dan nyaman? 

Melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Senin (20/9/2021), berikut ini mendekorasi ruang kecil menurut Mariah Madder, desainer interior dari Folk Studios.  

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok untuk Ruang Kecil dan Apartemen 

Pilih furnitur multi-fungsional 

Siapa pun yang tinggal di ruang kecil mengetahui bahwa ruang yang dimiliki sangat berharga. Karena itu, pemilih furnitur yang digunakan perlu berhati-hati.

Sebaiknya, menggunakan furnitur yang berfungsi ganda seperti sofa sekaligus tempat tidur, meja yang dapat diperpanjang atau dilipat, atau furnitur khusus dengan penyimpanan internal. 

Baca juga: 5 Keuntungan Tinggal di Ruang Kecil

Bahkan pilih kursi ottoman kokoh yang bisa multifungsi seperti untuk meja kopi, tempat duduk, hingga penyimpanan.

Menurut Mariah, memilih furnitur fungsi ganda akan menyelamatkan Anda dari mengacaukan ruang kecil dengan barang-barang yang tidak perlu. 

Baca juga: 5 Tips Memilih dan Menata Furnitur di Ruang Kecil 

Gunakan dinding dengan bijak 

Salah satu memaksimalkan ruang kecil adalah memanfaatkan ruang pada dinding. Anda bisa  membuat rak atau seni pajangan pada dinding. 

Ini dapat menciptakan estetika eklektik yang lucu dan memungkinkan Anda untuk menghadirkan warna.

"Cara terbaik memamerkan benda-benda berharga Anda adalah menggunakan rak apung daripada unit penyimpanan besar karena dapat menghilangkan lebih banyak barang di lantai dan memaksimalkan ruang dinding yang dimiliki," kata Mariah. 

Baca juga: 6 Ide Membuat Ruang Kecil Tampak Lebih Luas 

Gunakan penyimpanan 

Penyimpanan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki saat mendekorasi ruang kecil karena dapat meminimalkan kekacauan serta barang-barang kecil rapi tersimpan.

Solusi ini juga bekerja sangat baik di dapur atau kamar mandi, yang sering kali barang-barang seperti vas dan parfum dapat berfungsi ganda sebagai barang dekoratif di rak dinding terbuka.  

Baca juga: 10 Kesalahan Dekorasi di Ruang Kecil yang Harus Dihindari

Mariah juga menyarankan mengintegrasikan peralatan dapur sebanyak mungkin dan menyembunyikannya di lemari.

"Dengan cara ini, semuanya terlihat lebih ramping dan memberikan ilusi bahwa ada lebih banyak penyimpanan daripada yang sebenarnya," ujarnya. 

Baca juga: Cara Membuat Ruang Kecil di Pintu Masuk Rumah Jadi Tampak Lebih Besar 

Maksimalkan sudut dan celah 

Selanjutnya, cara mendekorasi ruang kecil adalah memaksimalkan sudut dan celah.

Misalnya, memasang meja dan rak built-in di area lorong, menggunakan bangku tanpa lengan untuk menggantikan kursi yang besar di meja makan, atau membuat tempat duduk ceruk. 

Baca juga: 6 Kesalahan Terbesar Saat Mendekorasi Ruang Kecil

Furnitur sederhana 

Terakhir, mendekorasi ruang kecil dapat dilakukan dengan memilih furnitur sederhana. Pilih furnitur dengan potongan yang memiliki profil halus seperti kaki yang lebih tipis atau meja kopi dengan bagian atas kaca.

Dengan cara ini, Anda dapat memberikan ilusi lebih banyak ruang di dalam ruangan yang sempit dan terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com