Kompas.com - 29/01/2022, 07:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu kebutuhan dasar kucing yang harus kamu penuhi saat memiliki hewan peliharaan adalah menjaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan membawanya ke dokter hewan dan melakukan vaksinasi.

Bagi kucing vaksin merupakan hal yang penting karena dapat melindungi dirinya dari infeksi dan paparan penyakit yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Vaksinasi juga diperlukan untuk kucing peliharaan yang hanya tinggal di dalam rumah.

Melansir dari Fear Free Happy Homes, Jumat (28/1/2022), berikut ini adalah alasan mengapa kucing indoor pun juga perlu divaksinasi.

Baca juga: Ketahui, Ini Jenis Vaksin yang Wajib Diberikan pada Anjing

Cara kerja vaksin pada kucing

Ilustrasi kucing di dalam kandangFREEPIK.COM Ilustrasi kucing di dalam kandang

Sama dengan manusia, vaksin pada kucing membantu mempersiapkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begini tubuh akan memberikan perlindungan saat kucing terinfeksi virus ataupun bakteri tertentu.

Vaksin mengandung antigen yang terlihat seperti organisme penyakit tersebut, namun tidak menyebabkan penyakit.

Karena itu saat penyakit yang sesungguhnya menyerang kucing, sistem kekebalan tubuh kucing akan mengenali organisme penyakit tersebut dan bisa melawannya.

Setelah di vaksin kucing mungkin mengalami demam, lesu, anoreksia dan lainnya. Konsultasikan dengan dokter hewan apakah efek vaksin tersebut sepadan dengan efek samping kedepannya.

Baca juga: Ketahui Jenis-jenis Vaksin yang Dibutuhkan Oleh Kucing

Apakah kucing indoor memerlukan vaksin?

Ilustrasi kucing depresi, kucing sedihUnsplash/Milada Vigerova Ilustrasi kucing depresi, kucing sedih

Meskipun tinggal di dalam rumah, kucing peliharaan juga rentan terhadap infeksi dari bakteri dan virus. Ada beberapa vaksin inti yang wajib diberikan kepada kucing baik kucing indoor maupun kucing outdoor.

Meskipun kucing didalam ruangan tidak berinteraksi dengan kucing lain atau dunia luar, mereka tetap bisa terinfeksi.

Patogen-patogen virus bisa menyebar melalui pakaian manusia, sepatu dan cara lainnya. Dengan memberikan vaksin kepada kucing seperti vaksin rabies, kita juga meminimalisir kemungkinan kucing menularkan penyakitnya ke manusia ataupun hewan lain di rumah.

Baca juga: Apa Saja Vaksin yang Dibutuhkan oleh Anak Kucing? Ini Penjelasannya

Sebaiknya bawalah kucing ke dokter hewan secara rutin sehingga kamu bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan perawatan apa yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa alasan lain mengapa kucing perlu di vaksin.

  • Kucing bisa saja tidak sengaja bersentuhan dengan kucing lain yang terinfeksi
  • Kucing indoor mungkin saja jalan-jalan keluar meskipun menggunakan tali pengikat
  • Gaya hidup kucing bisa berubah karena lingkungan dan menyebabkan stress
  • Hewan liar yang terinfeksi bisa saja masuk kedalam rumah dan menginfeksi kucing peliharaan seperti rakun dan kelelawar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.