Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2023, 15:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Decoist

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren rumah kecil kini semakin populer dan banyak dijual oleh pengembang. Pun banyak orang lebih memilih untuk membeli rumah kecil karena banyak keuntungannya.

Dikutip dari Decoist, Selasa (7/3/2023), rumah kecil akan menghemat uang Anda, karena cenderung lebih murah dan dilengkapi dengan biaya perawatan yang lebih rendah.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ingin Membangun Rumah Kecil? Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu

Ilustrasi rumah, rumah kecil, halaman rumah sempit. SHUTTERSTOCK/LIGHTPAINTER1983 Ilustrasi rumah, rumah kecil, halaman rumah sempit.

Kelebihan dan kekurangan rumah kecil

Jika Anda ingin mengurangi biaya hidup, perlu diingat bahwa rumah kecil memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Membeli rumah kecil harganya jauh lebih murah daripada rumah yang lebih besar.

Selain itu, Anda akan membayar lebih sedikit untuk pemeliharaan. Dengan luasan yang lebih kecil, merawat rumah menjadi lebih mudah.

Salah satu dari banyak alasan pemilik rumah memutuskan untuk membeli rumah kecil adalah kenyataan bahwa mereka dapat melakukan pembelian tanpa kredit tinggi.

Di sisi lain, ada pula kekurangan rumah kecil. Dengan lebih sedikit ruang hidup yang tersedia, Anda memiliki batasan tertentu terkait desain dan fungsionalitas.

Baca juga: Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil agar Tak Bikin Sempit

Juga, perlu diingat bahwa rumah mungil sangat ideal untuk dua orang. Rumah kemungkinan tidak akan memberikan privasi atau memiliki cukup ruang untuk menampung keluarga besar.

Jika Anda suka menjamu tamu di rumah, rumah kecil tidak akan mudah menampung banyak tamu.

Halaman:
Sumber Decoist
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com