Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Ruang Kerja yang Nyaman dan Tenang di Rumah Kecil

Kompas.com - 11/07/2022, 14:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring menurunnya kasus Covid-19, banyak perusahaan yang telah memberlakukan kembali aturan bekerja dari kantor atau work from office (WFO). 

Namun, ada beberapa perusahaaan yang masih terus menjalankan aturan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).  

Baca juga: 3 Cara Mendesain Ruang Kerja yang Nyaman dengan Anggaran Terbatas

Bekerja dari rumah memiliki tantangan tersendiri, bahkan lebih besar dibanding WFO. Transisi dari kantor ke ruang kerja di rumah tidaklah mudah.

Kebisingan lingkungan, gangguan rumah tangga seperti adanya anak-anak atau hewan peliharaan, sulit berkonsentrasi, dan jam-jam aneh hanyalah beberapa tantangan yang dialami saat bekerja dari rumah.

Tantangan semakin bertambah ketika tidak memiliki ruang kerja khusus. Hal ini tentu membuat sulit fokus sehingga bisa mengganggu produktivitas. 

Tidak semua rumah memiliki banyak ruang. Ada beberapa hunian yang memiliki ruang terbatas sehingga sering kali ruang kerja harus bercampur dengan ruangan lain seperti ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang makan

Akibatnya, WFH menjadi tidak efektif dan efisien. Karena itu, penting membuat ruang kerja khusus di rumah meski memiliki ruang yang terbatas. 

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara membuat ruang kerja yang nyaman dan tenang di rumah kecil dikutip dari My Decorative, Senin (11/8/2022). 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Tenang dan Produktif

Mencari referensi 

Ilustrasi ruang kerja di rumah. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Sebelum membuat ruang kerja, cobalah mencari referensi ruang kerja kecil seperti pergi ke Ikea. Produsen furnitur asal Swedia itu memiliki banyak showroom ruang kerja. 

Hal ini akan memberi Anda beberapa ide bagus tentang bagaimana mengatur ruang kerja yang kecil. Mereka tidak hanya memiliki semua produk yang tepat, tetapi bagaimana menggunakannya dengan cara seefisien dan seefektif mungkin.

Setelah melihat showroom yang paling mewakili ruang yang dimiliki, Anda akan melihat bagaimana furnitur dan produk lainnya digunakan dengan cara terbaik. 

Mengingat ruang kerja kecil, pilihlah furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan atau furnitur multifungsi. Misalnya, memilih meja kerja dengan banyak ruang penyimpanan.

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Ruang Kerja yang Kedap Suara 

Gunakan perangkat yang lebih kecil

Selain memilih furnitur yang sesuai ukuran ruangan, gunakan perangkat yang lebih kecil untuk menghemat ruang meja. Memilih perangkat besar di ruang terbatas hanya akan membuat masalah. 

Misalnya, menggunakan laptop alih-alih PC berukuran penuh guna memungkinkan  menggunakan meja kecil dan tidak merasa kehilangan ruang.

Hal yang sama juga berlaku untuk scanner dan printer. Ada versi portabel yang dirancang untuk dimasukkan ke ransel sebagai ganti versi ukuran kantor yang besar.  

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja Menurut Feng Shui 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com