Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Cat Dinding Baru Mengering? Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 11/07/2022, 07:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda merencanakan untuk mendekorasi ulang ruangan, mengecat dinding adalah salah satu hal yang dapat dilakukan. Sebelum mengecat dinding, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah waktu kering cat.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (11/7/2022), mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan cat untuk mengering sangat penting untuk hasil akhir yang sempurna, yakni tekstur yang halus dan rata tanpa noda atau tetesan.

Jika ragu, memberikan sedikit waktu ekstra pada cat dinding untuk mengering selalu merupakan ide yang baik.

Baca juga: Pilihan Warna Gorden yang Sesuai dengan Cat Dinding Ruangan

Ilustrasi mengecat dinding rumah. SHUTTERSTOCK/MONKEY BUSINESS IMAGES Ilustrasi mengecat dinding rumah.

Cat dinding mungkin tampak kering di permukaan dan lapisan atas bahkan mungkin kering saat disentuh, tetapi itu tidak berarti dinding benar-benar kering atau siap untuk lapisan lain.

Ada banyak hal yang mempengaruhi berapa lama cat mengering, termasuk jenis cat dan alat yang digunakan, serta faktor eksternal seperti cuaca.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai sehingga Anda dapat mengecat dinding seperti seorang profesional.

Waktu kering untuk setiap jenis cat

Rumus kimia untuk setiap jenis cat berbeda-beda, sehingga masing-masing memiliki waktu kering yang sedikit berbeda. Secara umum, cat lateks dan cat akrilik lebih cepat kering daripada cat berbasis minyak.

Baca juga: 4 Tanda Cat Dinding Sudah Rusak dan Cara Merawatnya agar Tahan Lama

Cat lateks akan terasa kering saat disentuh setelah satu jam. Akan tetapi, disarankan untuk menunggu selama empat jam sebelum menerapkan lapisan cat lainnya.

Sementara itu, cat akrilik lebih cepat kering. Cat akan kering saat disentuh setelah 30 menit dan siap untuk lapisan kedua setelah dua jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com