Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Cat Dinding untuk Kamar Mandi

Kompas.com - 17/12/2023, 16:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi menjadi salah satu ruangan yang jarang diperhatikan. Bahkan, kamar mandi seringkali dibuat lebih kecil dibandingkan ruangan lain.

Padahal, fungsi ruangan ini sangat penting. Selain berfungsi sebagai tempat membersihkan tubuh, kamar mandi juga berfungsi untuk tempat relaksasi.

Maka dari itu, kamar mandi harus dirancang dengan serius agar nyaman saat digunakan. Salah satu cara membuat kamar mandi lebih nyaman yaitu dengan mengecat menggunakan warna cat dinding yang tepat.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Sesuai dengan Arah Ruangan

Warna menjadi alat ampuh yang digunakan oleh desainer interior untuk memberikan suasana di dalam kamar mandi. Beberapa warna cat bisa membuat kamar mandi lebih cerah, berenergi, tenang, dan menyenangkan.

Oleh karena itu, pemilihan warna cat dinding untuk kamar mandi harus cermat. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (17/12/2023), tips memilih warna cat dinding untuk kamar mandi dengan tepat.

Gunakan roda warna

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi.

Jika kesulitan saat menentukan warna yang cocok, maka lihatlah roda warna untuk mendapatkan inspirasi. Konsep teori warna akan membantu menemukan kombinasi warna yang tepat.

Misalnya, kombinasi warna kuning dan ungu yang letaknya saling berhadapan di roda warna. Hal itulah yang membuat perpaduan kedua warna tersebut terlihat serasi.

Baca juga: 4 Warna Cat Ini Harus Dihindari di Kamar Mandi Kecil, Makin Sempit

Pilih tiga warna berbeda

Tips memilih warna cat dinding untuk kamar mandi selanjutnya yaitu memilih tiga warna cat yang berbeda. Pilihlah satu warna netral, satu warna mewah, dan satu warna pelengkap atau kontras.

Untuk menunjang keberhasilan kombinasi tiga warna tersebut, gunakan proporsi 70:20:10. Gunakan warna terang sekitar 70 persen dari dekorasi ruangan, warna paling terang kedua sebanyak 20 persen, dan warna pelengkap atau kontras cukup 10 persen.

Contoh perpaduan tiga warna cat dinding untuk kamar mandi yaitu warna putih, cokelat, dan hijau yang bisa memberikan tampilan klasik dan bersih.

Kombinasikan dua warna netral

Selain menggunakan tiga warna berbeda, di kamar mandi juga bisa dicat dengan dua warna netral. Menggunakan warna netral bisa membuat kamar mandi terlihat tenang.

Saat menggunakan dua warna, gunakan juga proporsi agar terlihat seimbang. Proporsi yang bisa digunakan yaitu 70:30.

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Salah satu contoh warna netral yang bisa digunakan yaitu warna abu-abu dan putih. Dua warna ini bisa memberikan kesan tenang dan bersahaja, namun tidak membosankan.

Untuk menambah daya tarik visual pada kamar mandi netrail, tambahkan ubin berpola atau meja marmer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com