Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Desain Kamar Mandi Kecil agar Terasa Luas

Kompas.com - 11/12/2023, 17:18 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Aertsen

JAKARTA, KOMPAS.com – Desain dan tata letak kamar mandi kecil perlu dirancang dengan cermat agar menciptakan ruangan yang indah dan fungsional.

Selain itu, kamar mandi juga perlu diatur sedemikian rupa agar semua fasilitas yang dibutuhkan tersedia di dalam kamar mandi tersebut. Dengan demikian, kamar mandi nyaman saat digunakan.

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Mandi Cantik yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dikutip dari Aertsen, Senin (11/12/2023), berikut ini ide desain kamar mandi kecil agar terasa luas, fungsional, dan tetap cantik.

Menggunakan ruang penyimpanan multifungsi

Ilustrasi ruang penyimpanan di kamar mandipixabay.com Ilustrasi ruang penyimpanan di kamar mandi
Ruang penyimpanan multifungsi sangat cocok untuk kamar mandi yang sempit. Ruang penyimpanan bisa berupa rak yang dapat digunakan untuk meletakkan handuk, tisu, dan bahan pembersih.

Selain itu, meletakkan rak penyimpanan khusus, untuk memanfaatkan ruang juga bisa dilakukan dengan menggunakan lemari cermin dan laci di bawah wastafel.

Baca juga: 7 Rak untuk Kamar Mandi Sempit yang Bisa Memaksimalkan Ruang

Memanfaatkan dinding secara efisien

Di kamar mandi kecil, setiap sudut ruangan harus dimaksimalkan. Salah satu caranya yaitu dengan memasang rak, pengait, dan keranjang yang di pasang di dinding.

Area tersebut bisa digunakan untuk menyimpan handuk, aksesori, maupun keperlukan kamar mandi lainnya. Di area pintu juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan, misalnya dengan meletakkan pengait untuk menggantung barang-barang penting.

Hindari penggunaan partisi

Jika memiliki kamar mandi kecil, sebaiknya tidak menggunakan partisi. Sebab, partisi akan membuat ruang gerak di dalam kamar mandi lebih sempit.

Sebagai gantinya, gunakan tirai untuk memisahkan kamar mandi basah dan kering. Desain, motif, dan warna tirai bisa disesuaikan dengan konsep interior rumah.

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tirai Kamar Mandi

Jangan terlalu banyak menggunakan aksesori kamar mandi

Selain partisi, penggunaan aksesori juga sebaiknya dibatasi. Sedikit aksesori akan membuat kamar mandi lebih luas dan bisa digunakan dengan leluasa.

Menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan juga akan membuat kamar mandi lebih rapi dan teratur.

Gunakan warna terang dan cerah

Ilustrasi kamar mandi dengan nuansa warna merah.SHUTTERSTOCK/EDVARD NALBANTJAN Ilustrasi kamar mandi dengan nuansa warna merah.

Ide desain kamar mandi kecil selanjutnya yaitu menggunakan warna terang dan cerah. Penggunaan warna cerah akan membuat kamar mandi tampak lebih besar karena warna cerah bisa memantulkan cahaya.

Pantulan cahaya akan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Namun, pastikan tidak menambahkan terlalu banyak warna kontras karena akan mengalihkan pandangan.

Baca juga: 7 Ide Warna Kamar Mandi Minimalis yang Elegan dan Tampak Mewah

Letakkan cermin

Selain warna cerah. penggunaan cermin juga bisa membuat kamar mandi terasa lebih luas. Sebab, cermin akan memantulkan cahaya yang memberi ilusi ruangan lebih cerah.

Cermin juga bisa menjadi ornamen dekorasi yang membuat kamar mandi lebih cantik, tanpa memakan banyak ruang.

Buat jendela besar

Terakhir, ide desain kamar mandi kecil adalah memasang jendela yang besar. Tak hanya memberikan kesan lebih luas, jendela yang besar juga membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Namun, jika memasang jendela besar, pastikan untuk memasang tirai, kaca buram, atau kaca film agar privasi terjaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com