Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rak untuk Kamar Mandi Sempit yang Bisa Memaksimalkan Ruang

Kompas.com - 05/09/2023, 19:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain digunakan untuk bersih-bersih, kamar mandi juga bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan mandi dan produk perawatan diri. Barang-barang tersebut bisa disimpan dalam rak penyimpanan yang tahan air.

Pada kamar mandi yang sempit, area penyimpanan perlu dipikirkan dengan matang agar tidak menggunakan banyak ruang. Rak terbuka yang ditempelkan di dinding kamar mandi bisa menjadi solusinya.

Dilansir dari House Digest, Selasa (5/9/2023), berikut ini beberapa jenis rak untuk kamar mandi sempit yang bisa memaksimalkan ruang.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Rak di Kamar Mandi

Rak bundar

Rak bundar di kamar mandiShutterstock/Pixel-Shot Rak bundar di kamar mandi

Rak bunda bisa menjadi pilihan untuk kamar mandi yang ukurannya terbatas. Rak ini bisa dibagi menjadi dua atau tiga susun agar bisa lebih banyak menyimpan barang.

Selain berfungsi sebagai tempat menyimpan barang, rak bundar juga membuat kamar mandi semakin estetik.

Rak apung sederhana

Jenis rak kamar mandi lainnya yang bisa di pasang di kamar mandi sempit yaitu rak apung sederhana. Rak ini biasanya terbuat dari satu buah papan yang ditempelkan di dinding.

Rak apung sederhana bisa digunakan untuk menyimpan kuas make up, sikat gigi, atau barang-barang ringan lainnya. Agar terlihat lebih rapi, Anda bisa mengecat rak ini senada dengan warna dinding.

Baca juga: 4 Tips Menggunakan Rak di Kamar Mandi

Serangkai rak apung

Jika satu buah rak apung dirasa kurang, maka Anda bisa menggunakan serangkai rak apung. Rak ini memiliki area penyimpanan lebih banyak, sehingga banyak barang disimpan di tempat tersebut.

Anda bisa menyusun rak ini berselang-seling agar terlihat estetik. Warna rak bisa dibuat kontras dengan warna dinding agar terlihat menarik.

Rak beraksen logam

Jenis rak untuk kamar mandi sempit lainnya yaitu rak beraksen logam. Rak ini memberikan nuansa industrial yang unik.

Rak ini bisa ditempelkan di salah satu dinding yang letaknya agak tinggi. Tempat ini bisa digunakan untuk menyimpan handuk, tisu, atau pengharum ruangan.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Rak di Kamar Mandi

Ilustrasi rak peti di kamar mandiShutterstock/Africa Studio Ilustrasi rak peti di kamar mandi

Rak peti

Rak peti juga cocok ditempatkan di kamar mandi. Anda bisa menggunakan rak bekas, kemudian ditempelkan di dinding.

Rak ini bisa dicat berwarna coklat agar memberikan kesan natural. Rak dari peti bisa digunakan untuk menyimpan handuk atau tanaman hias berukuran kecil.

Rak yang menempel pada cermin

Selain rak, biasanya kita akan menempatkan cermin di dinding kamar mandi.

Pada kamar mandi yang sempit, kedua benda ini bisa ditempelkan bersamaan karena ada cermin yang bagian bawahnya bergabung dengan rak.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Rak di Kamar Mandi Kecil

Rak kecil pada cermin bisa digunakan untuk menyimpan sikat gigi, tisu, atau tanaman hias.

Rak sudut

Untuk menghemat ruang, Anda juga bisa menggunakan rak sudut. Rak ini bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang seperti handuk, sabun, sampo, bahkan tanaman hias.

Penggunaan rak ini juga membuat kamar mandi terlihat lebih cantik dan menarik. Anda bisa mengecat rak sudut dengan warna yang sama seperti warna dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com