Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 16:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Drench


JAKARTA, KOMPAS.com - Flush kloset yang lambat menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai. Penyebab kloset lambat menyiram sangat beragam mulai dari ketinggian air rendah, saluran pembuangan tersumbat, penumpukan mineral, dan lain sebagainya.

Jika tidak segera diperbaiki, maka kloset menjadi kotor karena sisa kotoran tidak bisa dibersihkan dengan maksimal. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan bahkan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi flush kloset yang lambat? Dikutip dari Drench, Selasa (5/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 5 Penyebab Kloset Lambat Menyiram dan Cara Mengatasinya

Pasukan ketinggian air sudah benar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab flush lambat yaitu ketinggian air yang tidak sesuai. Air dalam tangki toilet yang terlalu sedikit bisa mengakibatkan proses penyiraman kloset terhambat.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membuka tangki tersebut. Kemudian, perhatikan bagian dalam tangki.

Ilustrasi tangki kloset.SHUTTERSTOCK/VVVPRODUCT Ilustrasi tangki kloset.

Jika melihat tabung vertikal di bagian tengah tangki, maka bisa dipastikan tabung tersebut merupakan bagian dari katup penyiraman. Perhatikan kondisi tabung dan ketinggian air.

Agar penyiraman kloset lancar, maka ketinggian air harus berada 1 cm dari bagian atas tabung. Jika ketinggian air kurang dari itu, maka Anda perlu menaikkan level air dengan cara mengendurkan klip atau sekrup penahan.

Baca juga: 6 Penyebab Kloset Tidak Menyiram dan Cara Memperbaikinya

Dengan demikian, air akan naik sesuai dengan level yang diinginkan dan flush kloset kembali lancar. Untuk memastikan masalah telah teratasi, Anda bisa mencoba menggunakan flush beberapa kali.

Bersihkan saluran air masuk

Apabila ketinggian air di tangki kloset tidak bermasalah, maka Anda perlu memeriksa saluran masuk air yang terpasang di mangkuk kloset. Saluran ini mengalirkan air dari tangki ke kloset.

Seiring berjalannya waktu, sedimen akan menumpuk di saluran tersebut dan membuat flush tersumbat. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan saluran masuk air. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar tetap higienis.

Bersihkan sumbatan pada kloset

Sumbatan pada kloset juga bisa menyebabkan flush tidak bisa bekerja dengan maksimal. Anda bisa mengatasi sumbatan menggunakan alat penyedot untuk mengatasi sumbatan tersebut.

Baca juga: 7 Penyebab Kloset Bocor dan Cara Mengatasinya

Setelah sumbatan dibersihkan, Anda bisa menyiram kloset untuk memastikan flush berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi flush kloset yang lambat. Rutinlah untuk mengecek kondisi kloset agar tetap berfungsi dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com