Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 10:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset adalah salah satu perlengkapan pipa yang paling sering digunakan di rumah.

Tak heran, ketika kloset mengalami sejumlah masalah, seperti tidak menyiram atau daya pembilasan berkurang secara signifikan, hal ini dapat merepotkan. 

Baca juga: 7 Penyebab Kloset Bocor dan Cara Mengatasinya

Masalah kloset tidak menyiram  sama menyulitkannya dan mengganggu dengan kloset mampet. Selain itu, kloset tidak menyiram ini juga dapat menyebabkan bau tak sedap yang mirip bau telur busuk. Maka itu, perlu segera mengatasinya. 

Untuk mengatasi kloset tidak menyiram ini, pertama-tama Anda harus penyebabnya. 

Dilansir dari The Spruce, Selasa (5/9/2023), berikut sejumlah penyebab kloset tidak menyiram dan cara mengatasinya.

Tuas terputus

Ilustrasi kloset, dudukan kloset.SHUTTERSTOCK/CURRAHEESHUTTER Ilustrasi kloset, dudukan kloset.
Tidak semua kloset memiliki sistem tuas penyiram. Namun, jika kloset memiliki tuas, ada kemungkinan tuas tersebut terputus dari flapper atau penutup.

Tuas biasanya terhubung ke flapper dengan rantai yang longgar. Namun, jika rantai terlepas dari flapper atau terputus dari tuas, ketika Anda menekan tuas, kloset tidak akan menyiram. 

Lepaskan tutup tangki kloset untuk memeriksa hubungan antara tuas penyiram dan flapper. Jika rantai terlepas saat pengoperasian normal, pasang kembali dan uji untuk memastikan kloset dapat menyiram. 

Baca juga: Simak, Ini Tips Memilih Kloset untuk Kamar Mandi

Apabila rantai rusak atau putus sama sekali, Anda perlu mengganti rantai untuk mengembalikan kemampuan kloset menyiram. 

Dalam beberapa kasus, satu-satunya masalah dengan rantai karena rantai tersebut terlalu panjang, sehingga ketika menekan tuas, rantai tidak memberikan kekuatan cukup untuk mengangkat flapper. 

Hal ini dapat diatasi dengan memotong rantai menjadi lebih pendek dengan satu set pemotong kawat. Pastikan tidak memotong rantai terlalu pendek karena dapat menyebabkan flapper tidak menutup dengan benar. 

Baca juga: 4 Penyebab Kloset Meluap dan Cara Mengatasinya

Katup saluran masuk tertutup

Selanjutnya, penyebab kloset tidak menyiram adalh katup saluran masuk tertutup. Kloset membutuhkan air untuk menyiram, itulah sebabnya tangki kloset terisi dengan air setelah digunakan.

Jika Anda mencoba menyiram kloset, tetapi tidak ada air yang keluar, masalahnya mungkin karena katup saluran masuk ke kloset tertutup.

Hal ini dapat terjadi jika katup tersenggol secara tidak sengaja selama pembersihan rutin atau mungkin tertutup karena Anda sedang menyelesaikan perbaikan serta lupa membuka katup.

Atasi masalah ini dengan membuka katup agar air dapat mengalir ke kloset. Ketika tangki  sudah penuh, siram kloset untuk memastikan masalah ini telah teratasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com