Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 08:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang meluap adalah masalah umum yang dihadapi banyak pemilik rumah. Namun, tidak berarti bahwa ini bukan situasi serius yang perlu ditangani dengan cepat.

Sebab, air dari kloset meluap dapat merembes ke dalam lemari kayu, dinding, atau merusak papan lantai sehingga memudahkan jamur, lumut, serta pembusukan menyebar ke seluruh infrastruktur rumah. Selain itu, menyebabkan bau tak sedap.  

Baca juga: Jangan Abai, Ini 5 Penyebab Kloset Terus Mampet

Untuk mengatasi masalah ini sebelum menjadi lebih besar, penting mengetahui penyebab kloset meluap sehingga dapat mengambil tindakan mengatasinya sendiri atau menyewa tukang ledeng profesional. 

Dikutip dari The Spruce, Senin  (4/9/2023), berikut sejumlah penyebab kloset meluap dan car mengatasinya. 

Saluran pembuangan tersumbat

Ilustrasi kloset mampet, mengatasi kloset mampet. SHUTTERSTOCK/THOMAS VON STETTEN Ilustrasi kloset mampet, mengatasi kloset mampet.
Alasan paling umum kloset meluap adalah saluran pembuangannya tersumbat. Ini terjadi karena menyiram terlalu banyak tisu toilet ke saluran pembuangan.

Jumlah tisu toilet yang berlebihan akan menggumpal dan menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan sehingga mencegah air di dalam mangkuk kloset mengalir ke saluran pembuangan.

Jika kloset tidak menyiram, kemungkinan besar tersumbat. Namun, ketika Anda menyiram kloset, katup penyiram di tangki toilet akan mengangkat penutup untuk memungkinkan air dari tangki mengalir ke dalam mangkuk. 

Baca juga: 9 Barang yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset, Ini Bahayannya

Penutup tetap terbuka hingga tangki kosong, tetapi karena air tidak dapat mengalir ke saluran pembuangan, air akan terakumulasi di dalam mangkuk hingga klosey meluap.

Situasi ini juga dapat disebabkan benda-benda lain yang dibuang ke dalam kloset, seperti serbet, tisu, produk pembersih kewanitaan, bola kapas, tisu, atau bahan lain yang tidak dibuat disiram. Maka itu, jangan membuang benda apa pun ke kloset. 

Sediakan penyedot di dekat kamar mandi untuk membersihkan penyumbatan dengan cepat saat tidak sengaja membanjiri kloset dengan tisu toilet.

Selain itu, perlu berinvestasi pada ular pipa yang dapat dimasukkan ke kloset dan dialirkan ke saluran pembuangan untuk memecah atau mengeluarkan bahan apa pun yang menyebabkan penyumbatan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air Sadah yang Membandel di Kloset

Ventilasi pipa tersumbat

Selanjutnya, penyebab kloset meluap adalah ventilasi pipa tersumbat. Banyak orang tidak tahu bahwa saluran pembuangan pipa memiliki ventilasi.

Sementara saluran pembuangan membawa limbah dan air limbah ke saluran pembuangan, saluran ventilasi sanitasi bercabang mengalir ke luar rumah melalui atap atau melalui dinding samping.

Tujuan ventilasi ini adalah membantu melepaskan gas yang terpendam yang tercipta ketika limbah di dalam pipa rusak.

Selain itu, ventilasi juga membawa udara segar dari luar untuk menggantikan udara yang dipaksa masuk ke saluran pembuangan ketika Anda menyiram kloset. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com