Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Sarung Bantal Menampung Bakteri Lebih Banyak dari Dudukan Kloset

Kompas.com - 03/08/2023, 21:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Parade

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung bantal yang Anda gunakan untuk melapisi bantal dan membuat tidur nyenyak mungkin tampak bersih. Akan tetapi, sebuah studi menemukan bahwa sarung bantal ternyata menampung banyak bakteri

Dikutip dari Parade, Kamis (3/8/2023), menurut penelitian terbaru dari Amerisleep, sarung bantal, hanya satu minggu setelah dicuci, dapat menampung hingga 17.000 kali lipat bakteri yang dibawa oleh rata-rata dudukan kloset.

Setelah tiga minggu, bakteri yang ditemukan pada sarung bantal 405 kali lebih banyak daripada yang ditemukan di bak cuci piring pada umumnya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Bantal agar Tak Jadi Sarang Kuman?

Ilustrasi sarung bantal.Shutterstock/New Africa Ilustrasi sarung bantal.

Shaun Veran, ahli mikrobiologi dan CEO OURA menjelaskan, itu tidak terlalu mengejutkan. Meskipun terdengar mengejutkan, tubuh kita, termasuk wajah kita, penuh dengan bakteri, tutur dia.

Kebanyakan bakteri tersebut tidak berbahaya tetapi beberapa dapat menyebabkan jerawat. Jadi setiap malam, saat Anda berbaring di atas bantal, bakteri ini berpindah ke sarung bantal dan mulai berkembang biak untuk membentuk koloni, jelas Veran.

Veran menjelaskan, mencuci sarung bantal sesering mungkin memang membantu dan harus dilakukan, tetapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan bakteri karena beberapa mikroorganisme dapat bertahan hidup di air, bahkan air panas, dan sabun tidak serta merta membunuh bakteri.

Selain itu, bakteri dari tubuh kita dapat dengan cepat mengkolonisasi kembali sarung bantal yang bersih begitu Anda mulai menggunakannya, terang dia.

Baca juga: 8 Warna Bantal yang Cocok Dikombinasikan dengan Sofa Biru

Tips menjaga kebersihan sarung bantal

Veran memberikan beberapa tips menjaga kebersihan sarung bantal agar tidak menampung bakteri.

1. Ganti sarung bantal secara teratur

Anda harus mengganti sarung bantal dan seprai setiap minggu. Ini membantu menghilangkan minyak, sel kulit mati, riasan, keringat, alergen, tungau debu, dan mikroba lain yang mungkin menempel di sarung bantal, tutur Veran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com