Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Menyiram Air Mendidih ke Kloset Mampet, Kenapa?

Kompas.com - 30/06/2023, 13:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset mampet selalu menjadi masalah yang menjengkelkan di rumah. Namun demikian, mengatasi kloset mampet kini semakin mudah dengan banyaknya tips yang beredar di media sosial.

Dikutip dari House Digest, Jumat (30/6/2023), salah satu cara mengatasi kloset mampet yang populer di TikTok adalah dengan menyiram air mendidih. Namun, mencoba memperbaiki masalah dengan cara ini dapat menciptakan mimpi buruk yang lebih signifikan.

Pikirkan kloset sebagai sistem dengan eksterior yang kuat dan interior yang relatif halus. Sayangnya, meskipun air mendidih dapat membantu mengatasi sumbatan di bagian dalam kloset, namun juga dapat meretakkan atau merusak porselen atau melelehkan pipa PVC.

Baca juga: Dudukan Kloset Harus Rutin Diganti, Kenapa?

Ilustrasi kloset, tangki kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset, tangki kloset.

Meskipun memperbaiki mangkuk kloset yang terkelupas cukup mudah, jenis kerusakan ini dapat mengakibatkan Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan.

Air mendidih bisa merusak kloset

Air memiliki titik didih sekitar 100 derajat celcius. Sebagian besar eksterior kloset, termasuk mangkuk kloset, terbuat dari porselen, keramik, atau porselen kaca.

Meskipun bahan ini memiliki titik leleh yang sangat tinggi, penggunaan air mendidih yang berulang dapat membentuk retakan kecil akibat pemanasan mendadak dan pendinginan cepat. Seiring waktu, retakan kecil ini dapat berkembang menjadi retakan yang nyata.

Lebih buruk lagi, beberapa pipa sensitif terhadap suhu. Menuangkan air mendidih dapat mengganggu kekuatan bagian halus ini dan memperburuk kerusakan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kloset dengan Mudah, Pakai Cuka

Karena titik leleh PVC kira-kira 85 derajat celcius, air panas dapat mengurangi ukuran pipa, sehingga semakin memperparah penyumbatan. Alih-alih air mendidih, gunakan ember berisi air panas, tuangkan dari ketinggian sekitar 90 cm untuk mendorong sumbatan ekstra.

Tambahkan sabun cuci piring dalam jumlah banyak untuk pelumasan tambahan, dan Anda mungkin menemukan solusi untuk membersihkan kloset tanpa merusak pipa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com