Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Teflon Anti Lengket Agar Tidak Rusak

Kompas.com - 11/12/2023, 15:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comTeflon adalah alat memasak yang banyak disukai karena memiliki keunggulan anti lengket, sehingga proses memasak menjadi lebih mudah.

Tak hanya proses memasaknya yang lebih mudah, proses membersihkan teflon anti lengket juga lebih mudah dibandingkan alat masak yang lengket.

Baca juga: Cara Mencuci Panci Teflon yang Benar agar Tahan Lama

Namun, membersihkan teflon harus hati-hati agar lapisan keramik atau polytetrafluoroethylene tidak terkelupas. Sebab, saat lapisan teflon mengelupas berbahaya untuk kesehatan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencuci teflon yang benar. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (11/12/2023), berikut ini cara membersihkan teflon anti lengket agar tidak tergores atau mengelupas.

Alat dan bahan yang diperlukan

Ilustrasi teflon antilengket.SHUTTERSTOCK/Arina P Habich Ilustrasi teflon antilengket.

  • Kain lembut atau spons
  • Sabun cuci piring
  • Soda kue
  • Minyak goreng

Baca juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Makanan Lengket di Panci Teflon

Gosok dan rendam teflon dengan air sabun

Saat membersihkan teflon anti lengket, jangan perlu menggunakan alat pembersih yang bersifat abrasif seperti sabut baja, sabut gosok, atau sikat yang kaku karena bisa merusak permukaan alat masak tersebut.

Sebagai gantinya, gunakan kain lembut atau spons untuk membersihkan alat masak tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci piring agar noda lebih cepat terangkat.

Jika noda terlalu membandel, maka teflon perlu direndam dalam air sabun yang hangat selama beberapa jam, kemudian gosok dengan lembut sampai bersih.

Baca juga: Tips agar Teflon Tidak Cepat Mengelupas

Bersihkan menggunakan pasta soda kue

Sisa makanan yang mengerak menjadi salah satu noda yang sering dijumpai pada alat masak. Noda ini cukup sulit dibersihkan.

Salah satu cara membersihkan teflon anti lengket yang terdapat sisa makanan yaitu menggunakan pasta soda kue. Pasta tersebut dioleskan pada teflon dan gosok perlahan menggunakan spons untuk menghilangkan minyak, lalu bilas dan keringkan.

Cara merawat teflon agar awet

Selain memperhatikan cara membersihkan teflon anti lengket, kamu juga perlu mengerti cara merawat teflon yang benar. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Cuci dan tambahkan minyak sebelum menggunakan teflon

Sebelum menggunakan teflon untuk memasak, cuci terlebih dahulu menggunakan air sabun hangat, lalu keringkan.

Setelah itu, tambahkan sedikit minyak goreng. Lalu, panaskan teflon di atas kompor selama dua hingga tiga menit. Setelah dingin, bersihkan sisa minyak dengan handuk kertas.

Baca juga: 10 Tips Merawat Panci Teflon agar Tahan Lama dan Aman Digunakan

  • Gunakan alat masak yang tepat

Ilustrasi teflon kemarik.DOK.SHUTTERSTOCK/Andi WG Ilustrasi teflon kemarik.

Saat memasak menggunakan teflon anti lengket, gunakanlah spatula yang tepat agar permukaan wajan tidak tergores. Gunakan spatula dari kayu atau silikon karena material ini ujungnya tidak tajam, sehingga aman untuk teflon anti lengket.

  • Memasak dengan api kecil dan sedang

Saat memasak menggunakan teflon anti lengket, sebaiknya gunakan api kecil atau sedang. Sebab, suhu yang terlalu tinggi bisa merusak lapisan anti lengket pada wajan tersebut.

Selain itu, jangan sekali-kali memanaskan teflon dalam kondisi kosong. Sebaiknya tambahkan sedikit minyak atau air saat hendak memanaskan alat masak ini.

Baca juga: Wajan Teflon Vs Besi Cor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

  • Jangan gunakan semprotan anti lengket

Terakhir, tips merawat teflon anti lengket lainnya yaitu jangan menggunakan semprotan anti lengket. Sebab, bahan semprotan tersebut bisa menciptakan residu yang menumpuk seiring berjalannya waktu dan bisa membuat lapisan anti lengket rusak. Sebaiknya, gunakan sedikit minyak atau mentega saat memasak di teflon anti lengket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com