Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Panci Teflon Lengket? Ini Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 29/12/2022, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mashed

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci teflon atau panci antilengket adalah peralatan masak yang luar biasa. Anda bisa memasak makanan tanpa khawatir lengket dan pencuciannya pun mudah.

Akan tetapi, seiring berjalan waktu dan frekuensi pemakaian, panci teflon bisa mulai kehilangan faktor antilengketnya dan akhirnya Anda harus menggosok kerak sisa makanan yang menempel.

Dikutip dari Mashed, Kamis (29/12/2022), lapisan Teflon yang membuat panci antilengket begitu bagus tidak sempurna, dan kemungkinan ada beberapa penyebab panci teflon lengket.

Baca juga: Tips agar Teflon Tidak Cepat Mengelupas

Teflon adalah contoh polimer yang digunakan dalam rumah tanggapixabay.com Teflon adalah contoh polimer yang digunakan dalam rumah tangga

Berikut penyebab panci teflon lengket dan solusinya.

Kenapa panci teflon lengket?

Keunggulan panci teflon atau panci antilengket dibandingkan peralatan masak tradisional adalah dapat menghalangi partikel makanan menempel karena permukaan Teflon.

Saat panci logam standar dipanaskan, pori-porinya membesar dan makanan masuk ke pori-pori mikroskopis itu, mengeras, dan menempel.

Minyak goreng membantu bertindak sebagai pelindung terhadap makanan yang menempel pada logam, tetapi panci antilengket sudah dilapisi dengan pelindung yang sudah ada di permukaan. Inilah yang mengurangi makanan menempel tanpa membutuhkan banyak minyak.

Baca juga: 10 Tips Merawat Panci Teflon agar Tahan Lama dan Aman Digunakan

Penggunaan spatula logam, pembersih abrasif dan sabut gosok, atau menumpuk panci dan wajan pada akhirnya akan mengikis lapisan pada panci teflon dan partikel makanan tersebut akan mulai menempel pada logam.

Perawatan yang tepat, seperti menggunakan spatula kayu atau silikon dapat membantu mengurangi goresan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com