Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Bunga Wijaya Kusuma dari Spesies Berbeda, Cantik dan Eksotis

Kompas.com - 29/12/2022, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga wijaya kusuma adalah salah satu bunga populer di Indonesia. Bunga yang dijuluki Ratu Malam ini memiliki bunga yang tergolong besar, berwarna putih gading, dan sangat eksotis.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (29/12/2022), bunga wijayakusuma memiliki daun yang berwarna hijau, berbentuk pipih, pada bagian ujung di sekitar daun terdapat lekukan-lekukan kecil, dan keras.

Berikut beberapa jenis bunga wijaya kusuma dari spesies yang berbeda, namun tetap cantik dan eksotis.

Baca juga: Khasiat Bunga Wijaya Kusuma, Atasi Pendarahan Rahim hingga Bau Badan

Ilustrasi bunga Wijaya Kusuma spesies Epiphyllum pumilum. SHUTTERSTOCK/MIBLOOM Ilustrasi bunga Wijaya Kusuma spesies Epiphyllum pumilum.

1. Epiphyllum pumilum

Banyak jenis bunga wijaya kusuma dari spesies yang berbeda namun dari genus yang sama, yakni Epiphyllum. Adapun klasifikasi familinya yaitu Cactaceae dengan sub famili Cacatuidae.

Spesies ini banyak terdapat di beberapa daerah di Meksiko, di antaranya Tabasco, Vera Cruz, Oaxaca, Guatemala, dan Chiapas. Bunga kaktus ini memiliki kelopak berwarna putih cantik dan dihiasi bulir-bulir berbentuk batang pada bagian tengah.

Jika diperhatikan, terdapat gradasi warna sedikit kekuningan pada setiap kelopak bunga. Ini menjadi ciri khas keindahan dari Ephiphyllum pumilum dengan diameter bunga berkisar antara 10 sampai 15 cm.

Wanginya yang khas membuat banyak orang terpikat untuk memelihara tanaman bunga ini. Ciri lainnya adalah memiliki batang berbentuk silinder dan dapat tumbuh hingga ketinggian 80 sampai 150 cm.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Bunga Wijaya Kusuma, Si Queen of The Night

2. Epiphyllum crenatum

Ini merupakan spesies bunga kaktus yang lebih dikenal dengan nama kaktus anggrek. Keduanya sama-sama berwarna putih kekuningan dan terdapat bulir-bulir batang di bagian tengah.

Bunga ini juga memiliki aroma yang harum sehingga banyak yang menanamnya untuk menghiasi rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com