Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga adalah simbol kehidupan, namun juga simbol kematian. Beberapa bunga dijadikan simbol duka cita dan kematian, banyak ditemukan pada acara pemakaman.

Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa orang mengasosiasikan jenis bunga tertentu dengan kematian karena orang menggunakannya dalam acara pemakaman.

Dikutip dari Feng Shui Beginner, Kamis (15/12/2022), pengaitan bunga dengan kematian bukanlah fenomena modern. Namun, orang telah menggunakan bunga tertentu dalam ritual pemakaman sejak zaman kuno.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Matahari, Kaya Makna dan Favorit Para Seniman

Ilustrasi bunga lily.UNSPLASH/SERAFIMA LAZARENKO Ilustrasi bunga lily.

Beberapa catatan tertulis paling awal berasal dari Mesir kuno, di mana orang Mesir akan meletakkan karangan bunga di makam orang yang meninggal dunia.

Berikut beberapa bunga simbol duka cita dan kematian.

1. Bunga lily

Penggunaan bunga lily atau bunga bakung dalam suasana pemakaman sering dikaitkan dengan kesucian. Namun, ini mungkin bukan bunga yang biasanya diasosiasikan dengan kematian.

Akan tetapi, bunga ini sangat cocok untuk pemakaman karena memiliki konotasi agama dan budaya yang kuat. Selain itu, bunga lily juga melambangkan kesucian, keindahan dan spiritualitas.

Baca juga: Panduan Pupuk untuk Bunga Mawar agar Subur dan Rajin Berbunga

Bunga lily melambangkan semangat orang yang dicintai yang memberikan harapan dan semangat bagi keluarga yang sedang berduka. Ini bisa menjadi pengingat cinta dan keberanian.

2. Mawar hitam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com