Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bunga Pembawa Keberuntungan yang Mempercantik Halaman Rumah

Kompas.com - 21/11/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mempercantik ruangan dan halaman rumah, beberapa bunga juga diyakini membawa keberuntungan. Ada banyak alasannya, mulai dari mitos hingga manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Menurut Kate Karam, arsitek lanskap dan direktur editorial Monrovia, beberapa tanaman bunga dapat dianggap membawa keberuntungan karena berbagai alasan, mulai dari penyebutan dalam mitos hingga kegunaan obat atau sekadar kecantikan.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin (21/11/2022), berikut beberapa bunga pembawa keberuntungan yang dapat mempercantik halaman rumah.

Baca juga: Arti Bunga Mawar Oranye di Berbagai Budaya

Ilustrasi bunga marigold. PIXABAY/YGANESHBABU Ilustrasi bunga marigold.

1. Marigold

Marigold adalah bunga yang dapat membantu mengusir hama. Menurut beberapa keyakinan, bunga marigold dapat memberikan perlindungan dari roh jahat, kata Amy Enfield, instruktur dan pengembang konten untuk Scotts Miracle-Gro.

Marigold juga mewakili pot emas di ujung pelangi dan merupakan simbol keberuntungan. Marigold membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

2. Mawar Cecile Brunner

Mawar ini adalah favorit untuk bunga potong, terutama untuk karangan bunga, yang mungkin menyebabkan bunga tersebut diasosiasikan dengan keberuntungan dalam cinta, kata Karam.

Bunga mawar ini sangat cocok untuk teralis taman atau punjung. Mawar ini harus ditanam di bawah sinar matahari penuh dan dilapisi dengan kompos.

Baca juga: Tak Selalu Perempuan, 7 Jenis Bunga Ini Cocok Diberikan pada Pria

Sirami setiap minggu, atau lebih sering dalam suhu yang sangat panas, saran Karam.

3. Krisan

Dalam budaya Tionghoa, bunga krisan dipersembahkan kepada orang tua sebagai simbol umur panjang dan keberuntungan, jelas Enfield.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com