Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dari Tangan dan Talenan

Kompas.com - 29/12/2022, 11:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda menyukai ikan tetapi tidak suka bau amis menyengat di tangan dan dapur? Seringkali, hal ini membuat orang berhenti memasak ikan, karena bau amisnya yang kadang sulit untuk dihilangkan.

Namun, jangan biarkan bau amis mencegah Anda memasak makanan yang sangat bergizi itu. Ada cara menghilangkan bau amis dari tangan dan talenan setelah memotong ikan.

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Kamis (29/12/2022), berikut cara menghilangkan bau amis ikan di tangan dan talenan Anda setelah memotong ikan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan

Ilustrasi mencuci tangan di dapur. PEXELS/BURST Ilustrasi mencuci tangan di dapur.

Cara menghilangkan bau amis ikan di tangan

Ada beberapa cara menghilangkan bau amis di tangan setelah memotong ikan. Cara-cara tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus.

1. Gunakan pasta gigi

Trik andalan pemilik restoran dan spesialis makanan laut pemenang penghargaan Mitch Tonks adalah memeras sedikit pasta gigi ke telapak tangan setelah memasak dan menggosok bagian depan dan belakang tangan sebelum membilasnya dengan air hangat.

2. Air dingin

CJ Jackson, CEO Billingsgate Seafood Training School, sangat yakin bahwa Anda hanya membutuhkan air dan sabun. Air dingin dulu adalah kunci untuk menghilangkan sisa-sisa ikan atau sisik dari tangan, sebut dia.

Jika Anda mencuci tangan dengan air panas terlebih dahulu, Anda berisiko memasak sisa-sisa ikan. Setelah Anda menyelesaikan tahap air dingin, cuci tangan dengan air sabun yang panas, dan itu sudah cukup.

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Tangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com