Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2022, 07:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara menjaga kesegaran ikan dan membuatnya lebih tahan lama adalah membekukannya.

Membekukan ikan juga dianggap lebih efektif dibanding menyimpannya di dalam kulkas. Namun, sebelum membekukan ikan, ada sejumlah hal yang perlu diketahui. 

Baca juga: Simak, Cara Mencairkan Ikan Beku dari Freezer dengan Benar

Dilansir dari The Spruce Eats, Kamis (24/11/2022), berikut cara membekukan ikan segar

Hindari udara

Ilustrasi mata ikan segar. PIXABAY/ Ulrike Leone Ilustrasi mata ikan segar.

Udara adalah musuh yang sering dihadapi saat membekukan ikan karena bisa merusaknya. Jadi, pastikan menyimpan ikan dalam wadah kedap udara atau membungkusnya sangat rapat.

Pakai vacuum sealer atau plastic wrap

Vacuum sealer dapat digunakan untuk menyimpan ikan segar untuk dibekukan. Jika vacuum sealer dirasa cukup mahal, manfaatan plastic wrap untuk membungkus ikan segar, lalu bungkus kembali dengan kantong plastik biasa.

Meski begitu, metode ini kurang direkomendasikan karena tidak bisa mencegah terjadinya freezer burn pada ikan beku.

Baca juga: Ragam Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan di Dapur

Gunakan metode glazing

Jika tidak ingin membekukan ikan dengan vacuum sealer atau plastic wrap, cobalah metode glazing. Glazing adalah metode membekukan ikan segar dengan cara mencelupkannya ke dalam air dingin.

Setelah itu, letakkan ikan di atas loyang dan masukkan ke freezer. Saat air dingin membeku, ulangi langkah awal selama beberapa kali hingga lapisan es yang menyelimuti ikan cukup tebal.

Setelah ketebalan es sesuai dengan selera, masukkan ikan segar beku ke kantong plastik dan letakkan kembali ke dalam freezer. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menyimpan Daging Sapi di Freezer

Jangan bekukan selama berbulan-bulan

Ilustrasi ikan segar. FREEPIK/DASHU83 Ilustrasi ikan segar.

Jangan pernah membekukan ikan segar lebih dari enam bulan karena hanya akan menurunkan kualitasnya. Bahkan, untuk ikan berlemak seperti salmon atau trout, tidak boleh dibekukan lebih dari tiga bulan.

Ketahui jenis ikan segar yang akan dibekukan

Tidak semua jenis ikan segar bisa dibekukan dengan metode vacuum sealer, plastic wrap, atau glazing. Misalnya, ikan-ikan yang memiliki banyak lemak seperti bluefish, herring, makarel, dan sarden.

Saat tiba waktu untuk mencairkan ikan beku, jangan langsung menaruhnya pada suhu ruangan atau dimasukkan ke microwave, tetapi lakukan secara bertahap.

Beberapa cara mencairkan ikan beku yang bisa dicoba adalah memindahkannya ke dalam kulkas atau merendamnya dalam air dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com