Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2022, 22:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membekukan daging sapi di freezer menjadi solusi untuk membuatnya tetap segar dan tahan lama. 

Akan tetapi, ketika menyimpan daging dalam freezer, ada beberapa kesalahan yang dilakukan sehingga membuat daging cepat busuk, bahkan dipenuhi bakteri. 

Untuk menghindarinya, dilansir dari Tasting Table, Senin (7/11/2022), berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpanan daging sapi dalam freezer. 

Baca juga: 3 Cara Aman Mencairkan Daging Giling Beku 

Tidak melihat suhu freezer

Ilustrasi daging giling.SHUTTERSTOCK / David Smart Ilustrasi daging giling.
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan saat membekukan daging giling adalah tidak mempertahankan suhu freezer yang tepat.

Menurut USDA, suhu -17 derajat Celsius dapat mencegah pertumbuhan mikroba dalam daging sehingga dapat menyimpannya dalam waktu lama.

Namun, saat suhu daging giling naik di atas -17 derajat Celsius, itu menjadi lahan subur bagi mikroorganisme.

Mempertahankan suhu freezer juga menjadi masalah selama pemadaman listrik. Departemen Energi mencatat freezer harus bisa menjaga daging giling tetap aman selama 48 jam dan pintunya tetap tertutup untuk menahan udara dingin.

Setelah suhu freezer mencapai 4 derajat Celsius, daging giling hanya akan bertahan selama dua jam sebelum tidak aman untuk dikonsumsi. 

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas dan Freezer dengan Benar 

Tidak membungkus daging dengan benar

Bisa dibilang kekhawatiran terbesar saat membekukan daging giling adalah menghindari freezer burn. Proses yang menyebabkan freezer burn dimulai ketika ribuan kristal es terbentuk saat makanan dibekukan.

Seiring waktu, molekul air beku ini berpindah dari potongan makanan beku ke bagian yang lebih dingin dari freezer. Saat molekul air beku hilang, makanan menjadi dehidrasi, dan mengakibatkan freezer terbakar. 

Salah satu metode sederhana mencegahnya adalah menyimpan molekul air beku tersebut dalam kemasan yang rapat.

Mulailah dengan membungkus daging giling dengan plastik, lalu bungkus dengan aluminium foil, dan terakhir masukkan daging giling yang sudah dibungkus ke kantong plastik.

Jangan lupa memberi label pada bungkus mengenai tanggal penyimpanan daging. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, kualitas dan kadar air daging beku mulai memburuk setelah dua bulan. 

Baca juga: Cara Mencairkan Daging Beku dengan Tepat, Cepat, dan Higienis 

Menyimpan daging terlalu lama

Ilustrasi menyimpan daging kurban dalam kulkas.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi menyimpan daging kurban dalam kulkas.
Karena kualitas daging giling beku dapat memburuk setelah beberapa bulan, Anda harus merencanakannya dengan tepat.

Jika membeli daging giling dalam jumlah besar dan membekukannya, belilah dalam jumlah cukup atau sesuai kebutuhan untuk dikonsumsi dalam waktu tiga atau empat bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com