Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2022, 19:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memasak hidangan olahan ikan di dapur, sering kali masakan meninggalkan bau amis yang sangat mengganggu. 

Bau amis ini tidak hanya terjadi di dapur, tapi juga tertinggal di freezer atau kulkas yang menjadi tempat penyimpanan ikan.  

Baca juga: Ragam Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan di Dapur

Bau amis ikan pada freezer dan kulkas terkadang sulit dihilangkan. Namun, dikutip dari Cleanipedia, Rabu (23/11/2022), dengan memastikan ikan disimpan dalam wadah tertutup, dapat meminimalkan atau menghilangkan bau amis ikan dari kulkas dan freezer. 

Selain itu, bisa pula meletakkan semangkuk baking soda untuk menyerap bau serta membersihkan kulkas dan freezer secara menyeluruh.

Caranya, keluarkan semua makanan dan minuman yang disimpan di kulkas dan freezer terlebih dulu, lalu lepaskan laci atau rak penyimpanan.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Ilustrasi ikan segar. FREEPIK/DASHU83 Ilustrasi ikan segar.

Selanjutnya, buatlah larutan pembersih dari  seliter air hangat, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 21 gram baking soda.

Selanjutnya, aduk larutan hingga merata, celupkan spons, dan oleskan ke semua permukaan kulkas dan freezer, termasuk pintu, gagang, serta laci atau rak penyimpanan.

Untuk area yang sangat berbau atau memiliki noda makanan, oleskan lebih banyak larutan pembersih, kemudian gunakan kain lap atau tisu dapur kering untuk membilas larutan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Beragam Bau di Rumah dengan Ekstrak Vanila

Selain itu, dapat mengoleskan sedikit ekstrak vanila ke semua permukaan kulkas dan freezer. 

Aroma ini dapat melawan bau amis ikan yang masih ada. Biarkan ekstrak vanila mengering sebelum menggunakan kembali kulkas dan freezer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com