Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Amis di Freezer

Kompas.com - 03/04/2022, 12:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah selesai berbelanja, seringkali kita memasukkan bahan-bahan makanan langsung ke freezer untuk membuatnya tetap awet. Contohnya saja seperti daging, ikan dan beberapa jenis makanan mentah lainnya.

Meskipun sudah di simpan di dalam freezer, beberapa jenis makanan mungkin tidak akan bertahan lama dan menjadi busuk.

Bau amis dari ikan mentah juga akan menempel di dalam freezer. Hal ini lah yang bisa menyebabkan freezer mengeluarkan aroma tak sedap.

Melansir dari Cut Sliced Diced, Minggu (03/04/2022), aroma tak sedap di freezer tak hanya mengganggu namun juga dapat mempengaruhi rasa makanan di dalamnya.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya bersihkan freezer menggunakan 5 jenis bahan alami berikut ini.

Baca juga: 6 Tips Mencairkan Bunga Es pada Freezer agar Bekerja Efisien

Baking soda

Kandungan pada baking soda atau soda kue dapat menyerap dan menetralkan asam dan basa. Pertama-tama bersihkan freezer dari es kemudian cuci bagian dasar freezer dengan air sabun. Bilas dengan air dingin lalu keringkan dengan menggunakan kain lap.

Taburkan bubuk baking soda di area freezer dan biarkan selama 2 hari. Setelah itu bersihkan kembali freezer dan pastikan tidak ada bubuk baking soda yang tertinggal.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Membekukan Makanan di Freezerfreezer

Cuka putih

Kandungan asam asetat pada cuka dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau busuk. Campurkan cuka dengan air, gunakan larutan ini untuk menggosok bagian dalam freezer. Diamkan selama beberapa jam agar bau amis terangkat dan freezer menjadi segar kembali.

Bubuk kopi

Biji dan bubuk kopi bisa digunakan menyerap aroma cat tembok yang sangat kuat.UNSPLASH/KATY TOMEI Biji dan bubuk kopi bisa digunakan menyerap aroma cat tembok yang sangat kuat.

Bubuk kopi memiliki aroma kuat yang sangat ampuh untuk menutup aroma tak sedap di dalam freezer.

Jika kamu ingin menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan aroma amis, sebaiknya hindari langsung menabur bubuknya di dalam freezer.

Letakkan bubuk kopi di wadah kecil dengan tutup berlubang lalu diamkan selama 2 hingga 3 hari. Ambil bubuk kopi jika aroma amis sudah hilang.

Baca juga: 6 Tips Menyimpan Ikan di Freezer agar Tidak Busuk dan Tahan Lama

Ekstrak vanila dan gumpalan koran

Ekstrak vanila sangat ampuh untuk menetralisir bau, contohnya saja bau cat, bahan industri dan pengusir serangga.

Larutkan beberapa tetes ekstrak vanila ke dalam air. Buatlah bola-bola kertas dari koran bekas, lalu celupkan ke dalam larutan ekstrak vanila. Letakkan bola-bola kertas ke dalam freezer, tutup dan biarkan selama 2 sampai 4 hari.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Freezer BauTak Sedap

Lemon

Lemon dikenal memiliki aroma astringent yang kuat yang membantu menghilangkan bau busuk yang tidak diinginkan.

Campur jus lemon segar dengan dua bagian air hangat lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan larutan lemon ke dalam freezer, biarkan selama 6-8 jam. Jika aroma amis sudah hilang, bersihkan sisa-sisa semprotan lemon di dalam freezer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com