Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Umum dan Tanda Freezer Tidak Bekerja dengan Baik

Kompas.com - 07/03/2022, 12:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer adalah komponen kulkas yang sering diabaikan sampai Anda mulai menghadapi masalah dengannya. Kekhawatiran dimulai ketika freezer gagal melakukan tugasnya dengan benar secara berulang.

Seperti yang dilansir dari Mr Right, Senin (7/3/2022), untuk memperbaiki masalah apa pun, Anda harus mengetahui alasan yang menyebabkan freezer tidak membekukan makanan dengan baik.

Sekarang, mungkin ada banyak tanda atau masalah yang menunjukkan bahwa Anda perlu melihat ke dalam freezer Anda sedikit lebih dekat. Mengidentifikasi tanda-tanda tepat waktu akan membantu Anda mencegah kerusakan besar.

 

Baca juga: 9 Tips Memaksimalkan Penyimpanan Makanan di Freezer

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

Berikut adalah masalah atau tanda umum bahwa ada sesuatu yang salah dengan freezer. 

1. Freezer tidak dingin

Ketika freezer tidak cukup dingin, sekilas terlihat normal. Namun, jika Anda memerhatikan bahwa beberapa makanan seperti es krim tidak cukup dingin atau beberapa makanan beku dingin seperti es, ini mungkin merupakan tanda bahwa freezer tidak mendingin dengan benar.

Ada banyak alasan di baliknya seperti koil kondensor yang kotor, papan kontrol suhu yang rusak, gasket pintu yang bocor, masalah sistem pencairan es, dan kegagalan kipas evaporator.

2. Freezer mengeluarkan suara

Ada suara dengungan rendah normal yang dihasilkan kulkas saat bekerja, tetapi jenis suara lain selain itu tidak normal. Jika Anda mendengar bunyi klik dari freezer, mungkin ada dua alasan di baliknya.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Freezer agar Tidak Bau dan Bebas Bunga Es

Alasan pertama adalah relai start tidak berfungsi dan yang lainnya adalah alat gagal memindahkan cairan pendingin dengan benar melalui kondensor dan koil.

Ketika jumlah cairan pendingin yang tepat tidak melewati komponen yang diperlukan, freezer dan kulkas akan gagal mempertahankan suhu dinginnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com