Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Benda Ini Akan Rusak Jika Dibersihkan dengan Cuka Putih

Kompas.com - 07/03/2022, 10:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka putih adalah salah satu produk pembersih alami yang digunakan untuk sebagian besar tugas pembersihan, seperti di kamar mandi, dapur, dan banyak permukaan lainnya di rumah.

Bahan masakan ini juga merupakan produk pembersih serbaguna karena kemampuannya untuk menghilangkan noda dan melawan bakteri. Namun demikian, ada benda tertentu di rumah yang tidak boleh dibersihkan dengan cuka putih.

Dikutip dari Express, Senin (7/3/2022), sejumlah pakar kebersihan di Which menjelaskan bagaimana menggunakan cuka putih untuk membersihkan beberapa barang rumah tangga dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Gosong Pakai Garam, Cuka, dan Saus Tomat

Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.

“Pencarian cepat Google tentang cara membersihkan akan memunculkan hasil yang menyebut cuka sebagai obat lemari penyimpanan alami, tidak beracun, berkelanjutan, dan murah, untuk apa saja," ujar mereka.

“Tapi meskipun itu bagus untuk membersihkan beberapa hal, itu bisa menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada yang lain. Anda bisa menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada rumah dan peralatan Anda," terang mereka.

Berikut beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan cuka putih karena dapat menyebabkan kerusakan.

1. Cermin

Anda tidak boleh menggunakan apa pun yang bersifat asam, baik cuka atau air perasan lemon, untuk membersihkan cermin. Ini karena cuka dapat merembes di balik lapisan tipis dan merusak lapisan perak yang membuat setiap cermin bersinar.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Listrik dengan Baking Soda dan Cuka

Sebagai gantinya, gunakan pembersih non-korosif dan lembut bersama dengan kain mikrofiber.

2. Mesin pencuci piring

Beberapa artikel di internet mengatakan Anda dapat menggunakan cuka sebagai pengganti pembersih pencuci piring. Beberapa juga menyarankan menggunakan cuka untuk membersihkan kerak mesin pencuci piring, atau merekomendasikannya dalam pembilasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com