Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 13:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan adalah salah satu sumber protein yang sering dikonsumi banyak orang. Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ikan dapat diolah menjadi ragam hidangan yang lezat.

Namun, di samping itu, sering kali orang salah menyimpan dan mencairkannya dari freezer saat hendak menghidangkannya.

Dilansir The Spruce Eats, Senin (21/11/2022) agar tidak salah dalam pencairan ikan yang akan membuat masalah kesehatan, berikut cara mencairkan ikan beku dari freezer. 

Baca juga: 3 Cara Aman Mencairkan Daging Giling Beku

Ilustrasi produk ikan beku dalam kemasan. SHUTTERSTOCK/CGN089 Ilustrasi produk ikan beku dalam kemasan.

Cara mencairkan ikan beku

Cara paling aman untuk mencairkan ikan adalah dengan melakukannya di kulkas semalaman. Pindahkan dari freezer ke kulkas sebelum Anda tidur dan siap untuk dimasak keesokan harinya.

Jika ikan disegel dengan vakum, Anda tidak perlu khawatir akan bocor. Anda bisa meletakkannya di atas piring atau nampan atau bahkan langsung di rak kulkas.

Kemudian saat Anda siap untuk memasak, buka plastiknya, bilas ikan dan keringkan dengan handuk kertas, dan ikan sudah siap.

Jika karena alasan tertentu ikan tidak disegel, lanjutkan dan tutup dengan wadah yang dapat ditutup kembali agar tidak bocor.

Baca juga: Cara Mencairkan Durian Beku dengan Tepat

Alasan mengapa metode ini adalah yang terbaik adalah memastikan ikan tidak pernah cukup hangat untuk memberikan kesempatan bagi bakteri pembawa makanan untuk berkembang biak. Kelemahan utama adalah mengingat untuk melakukannya pada malam sebelumnya.

Jika potongannya cukup tipis, Anda mungkin bisa melakukannya di pagi hari jika Anda berencana memasaknya malam itu untuk makan malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com