Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aturan Menyiram Tanaman, Perhatikan Cuaca dan Jangan Panik

Kompas.com - 21/11/2022, 10:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memulai kegiatan menanam bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang belum pernah sebelumnya.

Sebab, ada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan perawatan khusus, seperti frekuensi penyiraman dan cuaca terbaik untuk menyiramnya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyiram Tanaman Lidah Mertua?

Adapun menyiram tanaman sangatlah penting, bahkan sebuah prioritas. Sebab, penyiraman membantu tanaman tetap sehat dan subur.

Jadi, menyiram tanaman perlu dilakukan dengan tepat agar tanaman tidak mendapatkan terlalu sedikit air, juga terlalu banyak air.

Dilansir dari Real Simple, Senin (21/11/2022), ada beberapa aturan menyiram tanaman agar mereka tetap tumbuh subur dan tidak layu. Apa saja?

1. Perhatikan cuaca

Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot menggunakan gemborFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot menggunakan gembor

Pada cuaca ringan, mungkin kamu bisa merencanakan penyiraman tanaman pot seminggu sekali.

Namun, mereka akan membutuhkan lebih banyak air ketika suhu mulai naik dan cuaca lebih hangat. Jika menggunakan terlalu sedikit air, air akan menguap sebelum tanaman dapat menggunakannya.

Baca juga: Cara Menyiram Tanaman Keladi agar Tumbuh Subur dan Daunnya Lebat

2. Perhatikan ukuran tanaman

Tanaman yang lebih besar membutuhkan lebih banyak air, sementara tanaman yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit air.

Untuk pot yang lebih besar, tetapi memiliki tanaman kecil, bisa menyimpan banyak air. Jadi, atur jumlah air dengan tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com