Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2022, 21:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comIkan segar yang dibekukan dengan baik bisa bertahan hingga enam bulan. Tentunya, ini menguntungkan bagi mereka yang tidak akan mengolah ikan dalam waktu dekat.

Ada berbagai macam cara membekukan ikan segar, salah satunya menggunakan air. Namun, Carolyn Bell, ahli gizi terdaftar, mengatakan cara ini kurang tepat.

Baca juga: Ragam Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan di Dapur

“Kebanyakan orang membekukan ikan di dalam air dan ini menyebabkan ikan kehilangan beberapa rasanya ketika dicairkan,” ujarnya dilansir dari Market Basket Foods, Rabu (23/11/2022).

Lantas, bagaimana cara tepat membekukan ikan segar supaya tidak mudah busuk dan tidak kehilangan rasanya?

Ikan segar yang baru ditangkap

Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan. SHUTTERSTOCK /Atsushi Hirao Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan.

Untuk ikan yang baru ditangkap, saat membawanya ke rumah, jangan sampai ikan bergerak-gerak di permukaan keras. Hal ini, kata Bell, dapat menyebabkan ikan memar dan cacat.

Sebelum mengeluarkan isi perut, simpan ikan di atas es agar tidak mengering. Di bagian bawah es, letakkan wadah yang ditinggikan agar lelehan es bisa mengalir alih-alih merendam ikan dan kehilangan rasa saat diolah.

Baca juga: Catat, Ini Durasi Menyimpan Ikan di Kulkas

Cara membekukan ikan segar

Ikan segar, baik yang baru dibeli maupun ditangkap, bisa bertahan hingga enam bulan jika dibekukan menggunakan metode kedap udara.

Untuk ikan berlemak, seperti salmon dan trout, hanya dapat bertahan hingga tiga bulan. Namun, terlepas dari jenis ikan segar yang dimiliki, cara membekukan ikan agar tidak mudah busuk tetaplah sama. Ikan harus dijaga sedingin mungkin.

Baca juga: Simak, Cara Mencairkan Ikan Beku dari Freezer dengan Benar

Sebelum embekukan ikan segar, cuci dan bersihkan isi perutnya terlebih dulu, kemudian masukkan ke kantong kedap udara atau vacuum sealed.

Alternatif lainnya, menggunakan plastic wrap dan dibungkus sebanyak dua kali. Ketika sudah ingin diolah, cara mencairkan ikan beku hanya dengan mengalirkan air dingin selama lima hingga 10 menit.

Ini berguna menjaganya tetap dingin dan mencegah pembentukan bakteri berbahaya karena bakteri bisa berkembang jika ikan segar langsung dicairkan pada suhu ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com