Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Tangan

Kompas.com - 20/12/2022, 07:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu bumbu penting dalam berbagai hidangan. Bawang putih memiliki aroma dan rasa yang khas, menciptakan cita rasa lezat pada masakan.

Akan tetapi, bau bawang putih kerap menempel di tangan setelah Anda mengupasnya. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan bau bawang putih yang kuat dari tangan.

Dikutip dari The Spruce Eats, Selasa (20/12/2022), cara menghilangkan bau bawang putih di tangan adalah dengan menggosok tangan menggunakan sendok stainless steel atau peralatan stainless steel lainnya.

Baca juga: Stop Memberikan Bawang Putih pada Kucing Peliharaan, Ini Bahayanya

Ilustrasi bawang putih, bawang putih. PIXABAY/MAISON BOUTARIN Ilustrasi bawang putih, bawang putih.

Residu bau yang kuat di tangan Anda berasal dari molekul belerang dalam bawang putih. Molekul dalam stainless steel mengikat molekul belerang dan memindahkan molekul pada bau bawang putih dari tangan Anda ke stainless steel.

Cukup cuci peralatan stainless steel seperti biasanya, dan semua bau bawang putih yang menyengat akan hilang.

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan bak cuci piring stainless steel di dapur. Istirahatkan tangan Anda di bagian permukaan atau samping bak cuci piring selama satu atau dua menit, dan bau bawang putih akan hilang.

Selain menggunakan peralatan stainless steel, Anda juga bisa menggunakan semprotan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan. Anda bisa menggunakan jeruk nipis, jeruk lemon, maupun jeruk purut.

Baca juga: Manfaat Bawang untuk Mengobati Tanaman Cabai yang Layu

Cukup rendam beberapa kulit jeruk dalam air panas. Biarkan dingin, saring dan buang kulitnya dan pindahkan ke botol semprot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com