Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 18:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih digunakan di hampir setiap masakan. Tak heran, hal itu membuatnya sering menjadi tanaman pilihan bagi banyak tukang kebun rumahan. 

Namun, bisakah menanam bawang putih di dalam ruangan? 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Talenan Kayu

Meski tampak berlawanan dengan intuisi, nyatanya bawang putih serta banyak tanaman lainnya dapat dengan mudah ditanam di dalam ruangan, asalkan memiliki sumber cahaya dan panas yang memadai.

Bawang putih adalah umbi yang dapat dimakan dari tanaman dalam keluarga Lily. Karena itu, bawang putih bisa ditanam dalam pot selain di tanah langsung. Menanam bawang putih dalam pot juga tidak menghalangi tanaman untuk tumbuh subur.

Untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan dan hindari, berikut cara menanam bawang putih di dalam ruangan dikutip dari Gardening Know How, Senin (14/11/2022). 

Tentang menanam bawang putih di dalam ruangan

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi bawang putih.
Bawang putih (Allium sativum) jarang ditanam di dalam ruangan, tetapi lebih mungkin ditanam untuk sayuran. Hal ini karena umbi bawang putih tumbuh lambat, membutuhkan waktu hingga enam bulan atau lebih untuk membuahkan hasil.

Selain itu, siung bawang putih memerlukan periode pendinginan beberapa minggu sebelum tanam agar berkembang menjadi umbi. Namun, bukan tidak mungkin menanam bawang putih di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kutu Beras Secara Alami, Bisa Pakai Bawang Putih

Bawang putih tidak baik di bawah pencahayaan buatan sehingga Anda membutuhkan sumber cahaya alternatif yang baik.

Penting dicatat bahwa bawang putih (semua anggota keluarga Allium) beracun bagi kucing dan anjing.

Toksisitas lebih akut pada umbi, tetapi daunnya juga memiliki beberapa toksisitas. Jadi, bila rumah memiliki hewan peliharaan, sebaiknya perlu berpikir dua kali untuk menanamnya. 

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih Berdasarkan Jenisnya

Perhatikan pencahayaan dalam ruangan 

Ada beberapa alasan orang menanam bawang putih di dalam ruangan seperti tidak memiliki ruang di luar rumah atau hanya ingin bereksperimen.

Terlepas dari itu, bawang putih dapat tumbuh subur dalam wadah dengan jumlah cahaya dan kedalaman tanam yang tepat.

Sebelum mempertimbangkan menanam bawang putih di dalam ruangan, pastikan memiliki lokasi cerah yang mendapat setidaknya enam jam sinar matahari. Jendela eksposur selatan atau barat adalah yang terbaik. 

Baca juga: Catat, Ini Cara Menanam Bawang Putih yang Benar

Selain ruangan, harus memiliki suhu antara 16-27 Celsius. Jika menanam bawang putih hanya untuk pucuknya, jarak umbi bisa cukup berdekatan.

Sebelum menanam umbi bawang putih, Anda harus mendinginkan umbinya terlebih dahulu. Dinginkan umbi dalam kulkas atau lingkungan serupa selama beberapa minggu sebelum ditanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com