Kompas.com - 10/08/2022, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menanam bawang putih yang benar menjadi kunci kesuksesan dalam budidaya komoditas sayuran ini. Sebenarnya, budi daya bawang putih tidak jauh berbeda dengan bawang merah.

Perbedaan yang paling mencolok hanya pada lokasi tanamnya. Bawang merah akan tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran rendah, sedangkan bawang putih akan tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran tinggi.

Sebagai salah satu komoditas penting, kebutuhan bawang merah sangatlah tinggi. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum bisa dipenuhi oleh produksi bawang putih dalam negeri, sehingga mengharuskan pemerintah melakukan impor bawang putih.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Pot agar Cepat Tumbuh

Ilustrasi menanam bawang putih.SHUTTERSTOCK/ALICJA NEUMILER Ilustrasi menanam bawang putih.

Menurut laporan dari Badan Pusat Statistik, jumlah bawang putih yang diimpor pada tahun 2020 mencapai 587,74 juta kilogram (kg).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri yaitu dengan melakukan budidaya bawang putih yang benar.

Dikutip dari penjelasan di buku Teknologi Budidaya Bawang Putih Ramah Lingkungan, Rabu (10/8/2022), berikut tata cara menanam bawang putih agar hasilnya melimpah.

1. Menyiapkan bibit berkualitas

 

Pemilihan bibit merupakan hal yang sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap cara budidaya dan umbi yang akan dihasilkan. Bibit bawang putih yang baik yaitu bibit yang bebas dari hama dan penyakit, keaslian bibit terjamin dari adanya label sertifikasi, serta memiliki ukuran 1.5-3.0 gram.

Baca juga: Bisakah Menanam Bawang Putih yang Dibeli di Pasar? Ini Penjelasannya

2. Persiapan lahan

Setelah menyiapkan bibit unggul, cara menanam bawang putih selanjutnya yaitu menyiapkan lahan budi daya.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam bawang putih harus digemburkan dan diberi pupuk kandang terlebih dahulu supaya umbi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.