Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Talenan Kayu

Kompas.com - 09/11/2022, 19:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk berbagai hidangan. 

Bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat dan dapat tertinggal pada permukaan, termasuk talenan kayu yang digunakan untuk mengirisnya. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kutu Beras Secara Alami, Bisa Pakai Bawang Putih

Bau bawang putih dapat tertinggal cukup lama pada talenan kayu. Hal ini lantaran material kayu dapat menyerap bau dengan cepat.

Namun, ini berbeda dengan material telenan yang tidak berpori seperti plastik, resin, marmer, atau kaca. Semua material ini lebih mudah dibersihkan karena tidak menyerap bau.  

Untungnya, menghilangkan bau bawang putih pada talenan kayu dapat dilakukan dengan mudah. Dikutip dari Taste of Home, Rabu (9/11/2022), berikut cara menghilangkan bau bawang putih pada talenan kayu. 

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih Berdasarkan Jenisnya

Cara menghilangkan bau bawang putih pada talenan kayu

Ilustrasi bawang putih, bawang putih termasuk salah satu jenis bahan alami yang potensial digunakan sebagai obat maag alami. obat maag alami, cara mengobati maag secara alami. PIXABAY/MAISON BOUTARIN Ilustrasi bawang putih, bawang putih termasuk salah satu jenis bahan alami yang potensial digunakan sebagai obat maag alami. obat maag alami, cara mengobati maag secara alami.

Apabila hanya digunakan untuk memotong satu atau dua siung bawang putih, talenan kayu cukup dicuci dengan air sabun panas.

Namun, jika sering digunakan untuk memotong bawang putih, talenan kayu perlu dibersihkan dengan cuka dan air panas dengan perbandingan sama.

Setelah itu, taburkan baking soda ke semua permukaan talenan kayu, lalu semprotkan  larutan cuka dan air yang telah disiapkan, dan gosok talenan kayu menggunakan sikat. Selanjutnya, bilas talenan kayu hingga benar-benar bersih dan keringkan.

Baca juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama

Apabila masih terdapat bau bawang putih pada talenan kayu, ulang langkah pembersihan kembali sampai baunya menghilang.

Jika tidak ingin repot membersihkan, alternatifnya adalah membeli talenan kayu khusus untuk memotong bawang putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com