Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 19:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sisa makanan dan sampah lainnya yang menumpuk di dapur dalam waktu lama tak hanya menimbulkan bau tak sedap, tapi juga dapat mengundang hama muncul, salah satunya belatung

Belatung dapat bertahan selama delapan sampai 10 hari sebelum berubah menjadi lalat, tetapi dapat menyebabkan banyak kerusakan selama waktu itu. 

Baca juga: Cara Mencegah dan Membasmi Belatung dari Rumah

Michael Thome, ahli entomologi bersertifikat di Western Exterminator, merekomendasikan membuat dapur tidak menarik bagi lalat sebelum benar-benar dihinggapi belatung.

Cara termudah melakukannya adalah menjaga kebersihan tempat sampah. "Pastikan semua sampah diletakkan dalam kantong lebih kecil terlebih dahulu, kemudian ke kantong lebih besar," ucapnya. 

Michael juga menyarankan memastikan semua tong sampah memiliki penutup serta mempertimbangkan mengganti tempat sampah yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. 

Namun, bila belatung terus berkembang biak, berikut cara membasmi belatung dari tempat sampah dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (9/11/2022). 

Baca juga: Cara Membasmi Belatung dari Tanaman Sayuran 

Gunakan air mendidih

Ilustrasi air mendidih. Shutterstock/kazoka Ilustrasi air mendidih.
Menurut Michael, merebus air adalah cara paling ampuh membunuh belatung dengan cepat. Belatung sangat rentan terhadap banyak hal, terlebih air mendidih. Air mendidih dapat menyebabkan koagulasi protein dan membunuh belatung secara instan. 

Pakar hama, Ray Brosnan, merekomendasikan menuangkan air mendidih di atas area belatung berkumpul efektif menghilangkannya dengan cepat.

"Yang perlu dilakukan adalah membilas sisa-sisanya sesudahnya dan taburkan baking soda di atas area tersebut untuk menghilangkan bau tak sedap yang tertinggal. Semua sisa belatung ini akan hilang sama sekali." 

Baca juga: Catat, Ini 6 Cara Mencegah Kecoak Muncul di Rumah 

Gunakan air jeruk nipis dan garam

Air jeruk nipis dan garam menjadi cara alami membasmi belatung. Caranya, semprotkan larutan air panas, jeruk nipis, dan garam pada belatung. Metode ini akan memastikan rumah bebas belatung dengan cepat.  

Campuran pemutih dan air

Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/CASSIOHABIB Ilustrasi pemutih.
Campuran pemutih dan air juga ampuh menghilangkan belatung secara permanen meski tidak sealami yang pertama. 

Campurkan pemutih dan air dengan perbandingan 50/50, lalu tuangkan ke belatung untuk membunuhnya dengan cepat. 

Jika belatung berada di tempat sampah, tutup tong setelah menuangkan pemutih untuk membunuh belatung serta menghindari asap pemutih beracun. 

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah dengan Cepat 

Apakah garam membunuh belatung?

Garam efektif membunuh belatung jika dikombinasikan dengan air jeruk nipis. Saat membuat campuran berbahan dasar jeruk nipis. Tambahkan banyak garam untuk menjamin keberhasilan melawan hama.

Selain itu, Anda dapat menggunakan garam dan air untuk mendisinfeksi tempat sampah guna mencegah belatung muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com