Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 09/10/2023, 14:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Memasak merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa mencoba berbagai resep makanan di rumah.

Setelah memasak, segeralah untuk membersihkan alat masak yang digunakan agar noda tidak mengerak. Namun, bagaimana jika noda sudah terlanjur mengerak?

Kondisi tersebut biasanya terjadi saat Anda memasak terlalu lama. Akibatnya, panci atau alat masak yang digunakan menjadi gosong dan menghitam.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membersihkan Panci Gosong Pakai Garam Kasar

Mengutip dari Home Decor Bliss, Senin (9/10/2023), noda gosong pada panci bisa dibersihkan menggunakan bahan dapur seperti cuka, soda kue, atau air lemon. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara membersihkan panci gosong

Ilustrasi mencuci panci gosong, membersihkan panci gosong.SHUTTERSTOCK/JULIA SHAMAYAEVA Ilustrasi mencuci panci gosong, membersihkan panci gosong.

Bahan dapur yang bisa dicampurkan untuk menghilangkan noda membandel pada panci, antara lain; air, cuka, dan soda kue. Selain efektif untuk mengangkat noda, bahan tersebut juga ramah lingkungan

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda cukup mengisi panci dengan air secukupnya sampai menutupi seluruh bagian yang hangus.

Kemudian, tambahkan dua sendok teh soda kue ke dalam campuran tersebut. Keasaman cuka akan memecah soda kue, sehingga terjadi pelepasan gas karbon dioksida.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Panci Gosong Pakai Bumbu Dapur, Mudah dan Cepat

Reaksi tersebut bisa membantu menghilangkan noda gosong pada panci. Tunggu beberapa saat agar campuran ketiga bahan tersebut bekerja dengan maksimal.

Gosok panci dengan lembut sampai noda mengerak hilang. Lalu, bilas dengan air bersih.

Cara mencuci panci gosong dengan pasta soda kue dan sabun

Apabila ada noda kecil yang tertinggal di panci, Anda bisa membuat pasta dari campuran air dan soda kue. Kemudian, diamkan pasta selama 10 hingga 15 menit, lalu gosok.

Ulangi proses tersebut sampai semua noda hilang. Setelah itu, cuci panci dengan air sabun hangat dan bilas dengan air bersih.

Membersihkan noda pada panci dengan lemon dan air

Lemon dan air juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada panci. Cara membersihkan panci gosong menggunakan dua bahan tersebut cukup dengan mengisi panci dengan irisan lemon dan air, lalu didihkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Garam dalam 20 Menit

Ilustrasi membersihkan bagian luar panci gosong.SHUTTERSTOCK/PURINO Ilustrasi membersihkan bagian luar panci gosong.

Lemon sangat cocok digunakan sebagai bahan pembersih alternatif karena mengandung asam sitrat. Sama seperti cuka, lemon cuka bisa melunakkan dan mengangkat kotoran di dasar panci.

Selain itu, lemon juga bisa mencegah aroma tidak sedap pada alat masak tersebut.

Cara membersihkan panci gosong dengan alumunium foil

Untuk membersihkan panci gosong dengan aluminium foil, Anda perlu membuat pasta dari soda kue dan air terlebih dahulu.

Kemudian, oleskan pasta tersebut ke permukaan panci dan gosok perlahan dengan bola aluminium foil untuk menghilangkan noda yang mengerak.

Baca juga: 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Digunakan untuk Membersihkan Panci Gosong

Aluminium foil bisa berfungsi sebagai semir yang dapat membuat panci terlihat lebih berkilau. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan bahan ini karena permukaan aluminium foil bersifat abrasif yang dapat merusak lapisan khusus pada panci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com