Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajan Teflon Vs Besi Cor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kompas.com - 13/01/2023, 07:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak jenis wajan yang digunakan untuk memasak dengan keunggulannya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah wajan teflon atau wajan antilengket dan wajan besi cor.

Namun demikian, mana yang lebih baik untuk memasak, wajan teflon atau wajan besi cor? Ini adalah perdebatan yang telah berlangsung selama beberapa dekade, dan tidak ada jawaban yang jelas.

Dikutip dari Home Cook World, Jumat (13/1/2023), berikut kelebihan dan kekurangan wajan teflon dan wajan besi cor yang perlu diketahui.

Baca juga: Kenapa Panci Teflon Lengket? Ini Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca. SHUTTERSTOCK/SANTIPARP WATTANAPORN Ilustrasi memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca.

Besi cor adalah sejenis logam, dan teflon adalah lapisan yang disemprotkan pada wajan logam. Wajan besi cor seluruhnya terbuat dari besi cor dan tidak memiliki lapisan.

Sementara itu, wajan antilengket atau wajan teflon dapat dibuat dari berbagai logam dan memiliki lapisan anti lengket di permukaannya.

Wajan besi cor

Wajan besi cor terbuat dari besi. Wajan ini sangat berat, permukaannya tidak dilapisi, dan wadah memasaknya sendiri hampir tidak bisa hancur atau rusak.

Wajan besi cor dapat menangani panas yang sangat tinggi, yang membuatnya sempurna untuk hal-hal seperti steak, menggoreng daging, memasak daging hingga kecokelatan, dan bahkan membuat roti atau pizza di dalam oven.

Baca juga: Kenapa Ada Kerak Hitam di Wajan Besi Cor? Ini Penyebab dan Solusinya

Wajan besi cor sangat kokoh, Anda bahkan dapat menggunakannya di atas panggangan atau di atas api unggun.

Namun demikian, wajan besi cor tidak cocok untuk memasak makanan asam dan cairan. Wajan besi cor bagus untuk daging berlemak, ikan berminyak, dan protein serta karbohidrat yang digoreng dengan mentega, lemak hewani, atau minyak sayur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com