Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Warna Cat Netral yang Bikin Rumah Terlihat Cantik

Kompas.com - 11/12/2023, 14:24 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comWarna netral banyak digemari pemilik rumah. Meski terlihat membosankan, warna netral bisa membuat desain rumah lebih menonjol dan menjadi salah satu warna cat yang paling menenangkan.

Laura Freeman dari Metis Design Group mengatakan bahwa cat netral membuat mata lebih tenang, sehingga cocok digunakan untuk menghias kamar tidur, kamar mandi, sudut baca, dan surangan lain yang memerlukan ketenangan.

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Menambah Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Dahulu, warna netral identik dengan putih. Namun, saat ini warna netral sudah banyak jenisnya, sehingga pemilik rumah bisa memilih warna cat netral sesuai dengan kesukaan.

Dikutip dari House Beautiful, Senin (11/12/2023), berikut ini beberapa jenis warna cat netral yang cantik dan memberikan kesan tenang.

Krem putih pudar

ruangan bernuansa kremShutterstock/Pinkystock ruangan bernuansa krem

Salah satu warna cat netral yang populer yaitu krem putih pudar. Joel Wong dan Amanda Gunawan, pendiri OWIU Design mengatakan warna krem putih pudar bisa membuat dinding tidak terlalu mencolok.

Warna ini bisa menyamarkan pandangan saat berpindah dari dinding ke kayu ek berwarna putih alami.

Baca juga: Warna Krem Tidak Dianjurkan untuk Kamar Tidur? Ini Penjelasannya

Taupe

Selain krem putih pudar, warna netral lainnya yang juga banyak disukai yaitu taupe. Warna netral ini terkadang terlihat seperti warna hijau, namun terkadang terlihat menyerupai kelabu tua.

Perubahan warna tersebut tergantung pada tingkat cahaya. Jamie Ivey dari Ivey Design Group mengatakan bahwa tampilan tersebut membuat warna ini terlihat ajaib.

Merah muda peachy

Warna cat netral lainnya yaitu merah muda peachy. Menurut firma desain EM + ME at Home, warna ini cocok dipadukan dengan warna hitam dan putih.

Warna merah muda peachy cocok dipilih untuk untuk memberikan kehangatan dan daya tarik pada dinding rumah. Warna cerah ini juga bisa memberikan sedikit kelembutan pada ruangan bernuansa netral.

Baca juga: 6 Ide Ruang Tamu dengan Nuansa Warna Merah Muda, Nyaman dan Cantik

Abu-abu hijau

Cat dinding berwarna netral lainnya yang juga bisa digunakan pada interior rumah yaitu warna abu-abu hijau. Warna abu-abu yang menyegarkan dengan warna dasar hijau bisa memberikan suasana baru pada kamar tidur. Warna ini bisa memberikan kesan halus dan nyaman pada ruangan.

Abu-abu keruh

Abu-abu keruh juga menjadi salah watu warna cat netral yang banyak disukai. Warna ini bisa memberikan tekstur dan dimensi pada dinding rumah.

Dinding dengan warna ini akan menciptakan pemandangan yang indah seperti kanvas dalam lukisan seni.

Sage

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sageSHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sage

Warna sage juga masuk dalam kategori warna netral yang banyak disukai. Sage memberikan kesan tenang seperti di spa. Selain itu, warna sage juga bisa memberikan kesan alami yang segar dan nyaman.

Baca juga: 6 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Sage Green

Putih netral

Warna putih termasuk warna netral yang paling umum dan sederhana. Desainer Darryl Carter mengatakan bahwa warna ini bisa digunakan pada rumah berkonsep tradisional dan modern.

Putih netral bisa membuat ruangan lebih terang dan bersih. Warna ini juga cocok dipadukan dengan berbagai warna lain yang membuat tampilan ruangan terlihat serasi.

Hitam lembut

Selain putih, warna cat netral lainnya yaitu hitam lembut. Warna ini memberikan kesan lembut dan teduh. Sama seperti putih, warna hitam juga bisa dipadukan dengan warna cat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com