Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Kompas.com - 27/09/2023, 16:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan warna cat yang tepat bisa membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Biasanya, para desainer interior memilih warna putih agar ruangan terasa lebih besar dan terang.

Ada banyak pilihan warna putih yang bisa dipilih. Selain putih, warna netral lain seperti abu-abu dan krem juga bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan sempit.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (27/9/2023), berikut ini rekomendasi warna netral yang membuat ruangan kecil terasa lebih besar.

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Putih cerah

Putih alami yang cerah bisa membuat ruangan terasa lebih luas. Warna ini bisa diaplikasikan pada dinding hingga langit-langit ruangan sempit.

Ilustrasi interior rumah kecil dengan warna cat putihSHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi interior rumah kecil dengan warna cat putih

Warna putih ini bisa memaksimalkan cahaya di ruangan tersebut. Putih alami cocok dipadukan dengan furnitur kayu atau lantai bermotif.

Putih pucat

Selain putih yang cerah, warna putih pucat juga bisa dipilih untuk membuat ruangan lebih besar. Warna ini dapat memberikan kesan lebih terbuka.

Anda bisa memilih warna ini untuk mendekorasi ruang cuci yang kecil. Selain luas dan cerah, warna putih ini dapat membuat ruang cuci lebih segar.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Warna Putih

Putih kapur

Putih kapur juga termasuk warna netral yang membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Leanne Ford Interiors, menggunakan cat putih kapur pada dinding kamar tidur bernuansa 1920-an.

Warna ini membuat ruangan terasa lebih nyaman. Dengan pencahayaan yang tepat, warna putih ini juga terasa lebih cerah.

Putih lembut

Warna putih lembut memiliki undertone pink yang menciptakan rona putih cerah dan lembut. Warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih hangat, segar, dan ceria.

Aksen hangat juga bisa diperkaya dengan penggunaan ornamen dekorasi berwarna emas, meja dari marmer, pintu hijau mint, dan tanaman gantung.

Baca juga: 4 Alasan Warna Putih Banyak Digunakan pada Gaya Desain Minimalis

Krem

Selain putih, krem juga menjadi warna netral yang bisa membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Warna ini membuat ruangan terasa lebih mulus dan cantik.

Jika ruangan tersebut memiliki jendela, maka Anda bisa menggunakan tirai tinggi dari langit-langit sampai ke lantai. Cara ini membuat ruangan terasa lebih luas.

Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.

Abu-abu pucat

Blogger Ursula Carmona dari Home Made by Carmona menggunakan warna abu-abu muda untuk dinding dan lemari pada ruang cuci kecil. Warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih cerah.

Abu-abu pucat sangat cocok dipadukan dengan furnitur berwarna emas dan hitam yang membuat warna terasa kontras, sehingga lebih estetik.

Baca juga: 5 Tips Cat Kamar Abu-abu agar Terlihat Cerah dan Menyegarkan

Abu-abu gelap

Selain abu-abu pucat, warna abu-abu gelap juga bisa membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Warna abu tua bisa menambah dimensi pada ruangan.

Jika mengaplikasikan warna ini pada kamar mandi, maka Anda bisa memadukannya dengan cermin besar di atas wastafel yang dicat dengan warna abu-abu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com