Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2023, 14:13 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah sering kali mengalami berantakan lantaran barang-barang yang disimpan di dalamnya meski sudah tidak menggunakannya lagi. 

Hampir setiap ruangan di rumah digunakan untuk menyimpan barang, dari ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, garasi, hingga loteng.  

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Barang di Kolong Tempat Tidur, Aman dan Antirusak

Barang-barang ini kerap berantakan atau memenuhi ruangan karena kurangnya ruang penyimpanan yang memadai. 

Padahal, ruang penyimpanan yang tepat dapat membantu menjaga rumah tetap rapi, bersih, serta memudahkan menemukan barang yang dibutuhkan.

Namun, tidak semua ruangan di rumah cocok menjadi tempat penyimpanan berbagai jenis barang. Bahkan, ada beberapa tempat penyimpanan yang sebaiknya dihindari karena dapat merusak barang-barang yang disimpan.

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (27/9/2023), berikut adalah lima ruangan yang tidak boleh digunakan untuk menyimpan barang.  

Baca juga: Jangan Menyimpan Barang di Kolong Tempat Tidur, Ini Bahayanya

Garasi dan ruang bawah tanah

Bersihkan garasi secara rutin dan jangan meletakkan tong sampah di dalamnya agar tak mengundang ular masuk.Shutterstock/urfin Bersihkan garasi secara rutin dan jangan meletakkan tong sampah di dalamnya agar tak mengundang ular masuk.
Kristin Macrae, pengelola rumah profesional dan pendiri organized Energized Living—penyelenggara profesional yang berspesialisasi dalam pengorganisasian bisnis dan perumahan asal Amerika Serikat (AS)—mengatakan garasi dan ruang bawah tanah rentan terhadap kelembapan, hama, serta debu.

Kelembapan dapat menyebabkan barang menjadi lembap dan berjamur, hama merusak barang-barang, dan debu membuat barang-barang menjadi kotor. 

Jika ingin menyimpan barang di garasi dan ruang bawah tanah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan barang.

Pertama, menggunakan tempat penyimpanan tertutup guna melindungi barang-barang dari kelembapan, hama, dan debu. Kedua, periksa barang secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan. 

Baca juga: 6 Barang yang Tidak Perlu Dibeli Berlebihan Saat Mendekorasi Rumah

Loteng

Selanjutnya, ruangan yang tidak boleh digunakan untuk menyimpan barang adalah loteng. Kim Jones, pendiri Lock and Key Home—penyelenggara pengorganisasian rumah asal AS—mengatakan loteng sering kali digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang tidak sering digunakan.

Padahal, loteng bukan tempat penyimpanan ideal untuk semua jenis barang karena rentan terhadap panas dan kelembapan. Hal ini dapat merusak barang-barang yang sensitif, seperti gambar, foto, dan karya seni.

Loteng juga sulit diakses dan dirawat secara rutin sehingg dapat membuat barang-barang yang disimpan sulit ditemukan dan dipelihara. 

Baca juga: 5 Barang Dapur yang Dapat Dibersihkan dengan Cuka

Kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Jones mengatakan kamar tidur adalah tempat untuk tidur, beristirahat, dan bersantai sehingga tidak disarankan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak berhubungan dengan fungsi tempat tidur.

Dengan menjaga kamar tidur tetap rapi dan terorganisir, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan merasa lebih nyaman.  

Baca juga: 4 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Ini Bahayanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com