Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Namun, dampak ini semua dapat diperoleh bila memilih warna cat yang tepat. Memilih warna cat yang tepat dapat mendorong fokus di ruang kerja, menstimulasi percakapan di ruang makan, menciptakan kamar tidur yang damai, dan menciptakan ruang tamu yang ceria. 

Memilih warna cat sesuai dengan suasana setiap ruangan, apakah itu warna yang mendorong relaksasi di kamar tidur atau warna netral yang mendorong ketenangan di ruang keluarga.

Arianna Cesa, Manajer Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, mengatakan warna cat mengelilingi Anda dalam sebuah ruang dan memainkan peran sangat besar dalam keseluruhan desain dan perasaan sebuah ruangan.

"Ke mana pun Anda melihat ke dalam ruangan, Anda berinteraksi dengan warna cat. Interaksi itulah yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda," kata Arianna. 

Cesa mengatakan teori warna dasar mengasosiasikan warna-warna hangat dan sejuk dengan suasana hati secara umum.

Misalnya, merah, oranye, dan kuning yang lebih hangat dapat memberi efek menenangkan, optimis, energik. Sementara warna-warna yang lebih sejuk, seperti hijau, biru, dan ungu, sering kali memancarkan ketenangan, relaksasi, juga ketenangan. 

Namun demikian, warna cat yang membuat Anda merasa tenang, terinspirasi, bahagia, atau fokus, tidak selalu merupakan warna yang dipilih orang lain.

"Pada akhirnya, hal ini bersifat subjektif dan penting mempertimbangkan bagaimana warna tertentu membuat Anda merasakannya," ucap Cesa.

Nah, dilansir dari Martha Stewart, Selasa (16/1/2024), berikut sejumlah warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah. 

"Warna merah yang penuh gairah, kuning cerah, dan oranye yang segar, seperti Caliente, Rosy Apple, Soleil, dan Citrus Blossom, dapat memberikan energi dan semangat luar biasa," ujar Cesa. 

Putih, abu-abu, atau biru muda untuk fokus

Selanjutnya, warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah adalah putih, abu-abu, dan biru muda.

"Dengan keserbagunaannya yang mudah, warna cat putih dan abu-abu memberikan keseimbangan pada palet warna dan dapat melakukan hal yang sama pada sebuah ruang," imbuh Cesa.

Jika tidak menemukan kanvas kosong pada dinding putih yang menginspirasi, cobalah warna biru pucat yang identik dengan ketenangan dan pikiran jernih. 

Gibbons juga menggunakan warna cat biru untuk ruang kerja. "Warna ini sangat tenang, santai, dan tenteram. Warna ini meringankan suasana hati dan membantu energi untuk merasa segar dan bersemangat," kata Gibbons. 

Apa pun yang mengingatkan pada laut atau langit bisa sangat menenangkan. "Pikirkan tentang pendakian, Anda dikelilingi langit biru di atas dan tanaman hijau di sekeliling," jelas Gibbons. 

Cesa juga menyarankan warna dengan rona kulit yang menenangkan. "Warna-warna seperti Thornton Sage, Blue Heather, dan Porcelain memiliki kedipan abu-abu yang lembut, menurunkan saturasi dan menghadirkan kualitas netral dan abu-abu yang santai," katanya. 

Hijau, merah, dan pink untuk meningkatkan energi

Warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah berikutnya adalah hijau, merah, dan pink. Ketiga warna ini juga dapat meningkatkan energi. 

"Warna-warna yang lebih hangat, seperti merah, dikenal dapat menciptakan energi dalam sebuah ruang," kata Cesa.

Jika Anda mencari warna cat yang hidup untuk memicu kegembiraan dan percakapan, lihatlah warna-warna dinamis, seperti pink. 

Gibbons memilih hijau tua, seperti Avocado Toast atau Matcha Latte, untuk memberikan suasana semarak dan santai untuk ruangan yang menjadi tempat pesta koktail, makan malam santai, serta malam permainan. 

Menurut Ajaeé Shepard, desainer interior dan profesor di New York School of Interior Design, skema warna monokromatik dengan semburat warna netral dianggap sebagai cara paling canggih untuk mendesain ruangan atau ruang. 

Warna-warna ini biasanya diterapkan untuk membuat ruang terasa lebih tinggi dan memberikan harmoni alami dalam desain.

Warna-warna netral memberikan suasana tenang dan biasanya dikombinasikan dengan tanaman hijau, taman, dan bunga untuk menciptakan pernyataan desain yang alami, tapi kohesif. 

Nah, itu dia sejumlah warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah. Anda tertarik menerapkan warna yang mana? 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/16/161601776/5-warna-cat-yang-dapat-meningkatkan-suasana-hati-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke