Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Cantik, 7 Warna Cat Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan di Rumah

Kompas.com - 17/01/2024, 08:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memilih warna cat untuk rumah, estetika desain keseluruhan dan dekorasi yang ada sering kali menjadi pertimbangan utama.

Dengan demikian, penting juga mempertimbangkan bagaimana warna cat tertentu dapat membuat Anda merasakan sesuatu. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Seperti dalam psikologi, warna cat pada dinding dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan serta mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin-Williams, mengatakan warna cat dinding terbukti memiliki efek mendalam pada suasana hati seseorang karena energi warna dapat mepmengaruhi perasaan Anda di sebuah ruangan. 

Jika ingin menciptakan ruang yang mendorong relaksasi dan meningkatkan kesehatan, ada beberapa warna berbeda yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna cat. 

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (17/1/2024), berikut sjeumlah warna cat yang dapat meningkatkan kesehatan di rumah. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik Ruang Keluarga

Biru

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru.
Jika mencari ketenangan di alam terbuka, pertimbangkan mengecat dinding dengan warna biru.

"Warna biofilik, seperti biru dan hijau, diambil dari alam untuk meningkatkan keseimbangan serta menciptakan suasana yang menenangkan," kata Wadden.

Biru juga diasosiasikan dengan perasaan damai, ketenangan, dan kebenaran. 

Rachael Grochowski, pendiri dan arsitek utama di RHG Architecture + Design, mengatakan warna biru yang lembut selalu dibawa ke dalam ruang untuk relaksasi, bukan hanya kamar tidur atau kamar mandi, tapi juga ruang relaksai dan ruang kesehatan.  

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Eksterior yang Bakal Banyak Digunakan pada 2024

Ungu

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat ungu muda atau lilac.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat ungu muda atau lilac.
Selanjutnya, warna cat yang dapat meningkatkan kesehatan di rumah adala ungu. Jika Anda perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan (atau pemikiran yang mendalam), pilih warna ungu.

Ungu diasosiasikan dengan kebijaksanaan, spiritualitas, dan merupakan warna transformasi, jadi sangat cocok untuk terobosan besar Anda berikutnya. Carilah variasi ungu pastel, seperti lavender, anggrek, dan ungun muda atau lilac.

Namun, Eleyne-Mari Sharp, terapis warna bersertifikat, mengatakan jika mendesain ruang meditasi untuk refleksi, hindari warna terong dan royal purple karena terlalu kuat yang bisa membuat Anda merasa negatif serta takut.  

Baca juga: 5 Warna Cat yang Bakal Ditinggalkan pada 2024

Hijau

Sama dengan biru, nuansa hijau juga membangkitkan perasaan yang umumnya terkait dengan alam. Warna cat yang dapat meningkatkan kesehatan ini melambangkan harmoni, penyembuhan, regenerasi, dan cinta.

"Pilih hijau mint yang menenangkan, mint green, honey dew, sage, atau celery untuk hampir semua ruangan di rumah Anda," imbuh Sharp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com