Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik Ruang Keluarga

Kompas.com - 13/01/2024, 08:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga identik dengan istilah pusat rumah tangga. Sering digunakan secara bergantian dengan istilah ruang tamu, banyak hal yang terjadi di ruang yang hangat dan ramah ini.

Ruang keluarga merupakan tempat bersosialisasi dan bertemu dengan anggota keluarga serta kerap digunakan untuk relaksasi yang tenang. 

Baca juga: 6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala

Ruang keluarga harus memenuhi kebutuhan banyak orang sekaligus terasa lebih nyaman dibanding ruang tamu yang lebih formal. Jadi, wajar saja, jika ingin memilih skema warna yang sempurna untuk ruang keluarga

Baik memilih skema warna lebih berani, kombinasi dua warna, netral klasik, maupun apa pun di antaranya, warna cat ruang keluarga dapat disesuaikan dengan fungsi dan nuansa ruangan Anda.

Untuk membantu Anda, berikut ini tujuh rekomendasi warna cat terbaik ruang keluarga dilansir dari The Spruce, Sabtu (13/1/2024).

Putih yang nyaman

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.
Putih sulit dikalahkan dalam hal warna cat ruang keluarga. Ini adalah rona dasar yang menghadirkan peluang tak terbatas.

Warna aksen apa pun akan cocok dengan putih sebagai latar belakangnya dan hampir setiap gaya desain di luar sana akan menemukan warna putih yang sangat cocok, baik itu warna cream boho yang lebih nyaman maupun putih cerah yang modern.

Pemilihan warna ini juga memudahkan untuk sesekali mengubah tampilan ruang keluarga atau menyesuaikannya untuk bersenang-senang seiring tren yang muncul.  

Baca juga: 5 Warna Cat Ruang Keluarga yang Akan Ketinggalan Zaman

Merah muda terang

Selanjutnya, warna cat terbaik ruang keluarga adalah merah muda terang atau light pink. Ini adalah warna cat yang sedikit lebih jenuh dari putih.

Ini mungkin bukan palet warna yang paling umum untuk dicontohkan di dinding, tetapi dengan nada tepat, palet ini memberikan warna mendekati netral yang sempurna.

Dengan tambahan merah, merah muda terang menghilangkan kesan putih sejuk yang sering kali dibawa ke suatu tempat.

Warna cat ini bisa membuat ruang keluarga tetap modern dan segar, tetapi hangat dan mengundang.  

Baca juga: 5 Kesalahan Mendekorasi Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Merah bold 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat merah. Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat merah.
Meski merah adalah warna yang berapi-api dan berani, warna cat ini cocok untuk ruangan yang hangat serta mengundang.

Nuansa merah yang lebih dalam dapat menjadi kesan pedas yang dibutuhkan sebuah ruangan dan memungkinkan seluruh ruangan tetap netral—atau memberi Anda kesempatan bermain dengan warna aksen yang unik. 

Merah adalah warna cat untuk ruang keluarga kecil karena memberikan kenyamanan dan ketennagan dalam warna gelap, seperti navy atau hitam, tapi tidak membuat ruangan terasa sempit. 

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Eksterior yang Bakal Banyak Digunakan pada 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com