Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Sudut Ruangan

Kompas.com - 05/04/2023, 18:10 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias merupakan salah satu cara mendekorasi rumah, termasuk sudut ruangan.

Ada berbagai pilihan tanaman hias dengan berbagai ukuran yang dapat tumbuh subur dan diletakkan di sudut ruangan. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Ini Tubuh Subur di Jendela yang Menghadap ke Barat

Lindsay Pangborn, ahli taman di Bloomscape mengatakan tanaman hias yang tinggi dapat menghidupkan ruangan secara instan dengan menambahkan definisi dan tekstur pada gaya dekorasi rumah apa pun. 

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (5/4/2023), berikut lima tanaman hias yang tumbuh subur di sudut ruangan. 

Money tree

Ilustrasi pohon uang (Pachira aquatica).SHUTTERSTOCK/MID TRAN DESIGNER Ilustrasi pohon uang (Pachira aquatica).
Pohon uang atau money tree adalah tanaman dedaunan dalam ruangan yang tidak membutuhkan banyak perawatan. 

Pangborn mengatakan tanaman ini memiliki batangnya yang dikepang, daunnya yang hijau mengilap, dan kemampuannya memberikan kesan tropis pada rumah. 

Money tree merupakan pilihan utama untuk mendekorasi yang dapat membawa keberuntungan menurut feng shui. Money tree bisa tumbuh setinggi 1,8-2,4 meter.

Baca juga: Bawa Hoki, Ini 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Pintu Depan Rumah

Burgundy rubber tree

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman  bagus untuk pemula. "Ini adalah tanaman yang kuat, kokoh, dan lebih toleran terhadap pengabaian daripada tanaman ficus lainnya sehingga sangat bagus untuk pemula," kata Pangborn.

Ia menjelaskan, tanaman ini memiliki daun tebal dan mengilap dengan warna bervariasi dari merah anggur yang kaya hingga hampir hitam, menciptakan kontras yang dramatis dengan dekorasi warna terang.

"Tanaman ini tumbuh paling baik di tempat yang mendapatkan sinar matahari tidak langsung yang sangat terang," ucap Pangborn. Burgundy rubber tree bisa tumbuh setinggi 0,3-3 meter.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Hitam yang Unik dan Eksotis

Bird of paradise

Ilustrasi tanaman hias Bird of Paradise. PIXABAY/RI_YA Ilustrasi tanaman hias Bird of Paradise.
Tanaman ini memiliki bunga berwarna oranye yang unik, yang terlihat seperti burung yang sedang terbang. Tanaman ini merupakan tanaman tropis serta lebih menyukai lingkungan hangat dengan banyak sinar matahari.

"Bird of paradise tumbuh subur dalam cahaya terang dan lingkungan lembap. Bird of paradise dapat tumbuh hingga 1-1,8 meter," ucap Pangborn. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Berdaun Besar Ini Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Monstera

Tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk oval yang memiliki celah dan lubang alami. Perawatan tanaman monstera cukup mudah, menjadikannya pilihan ideal untuk pemula.

Tanaman ini mudah beradaptasi dan tumbuh baik pada sebagian besar kondisi pencahayaan, tetapi tumbuh subur saat berada di tempat dengan cahaya tidak langsung yang terang. Monstera dapat tumbuh setinggi 1,8-4,5 meter.

Baca juga: Cara Meletakkan Tanaman Monstera Deliciosa untuk Bawa Hoki

Dragon Tree

Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan sempit. Lisa Steinkopf, pendiri Houseplant Guru mengatakan dracaena marginata atau dragon tree bisa menjadi sangat indah seiring bertambahnya usia, sering kali membentuk batang bengkok yang menyerupai karya seni abstrak. 

Tanaman ini merupakan tanaman dengan perawatan rendah yang perlu disiram seminggu sekali atau dua kali sebulan. Pastikan membiarkan tanahnya mengering sebelum memberikan lebih banyak air. Dragon tree bisa tumbuh setinggi 1,5-1,8 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com