Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Tekstur Dinding, Bikin Rumah Terlihat Lebih Menarik

Kompas.com - 18/05/2024, 21:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding menjadi salah satu area yang bisa didekorasi dengan berbagai gaya. Mulai dari dicat dengan berbagai waktu hingga dihias menggunakan berbagai ornamen dinding

Dinding yang didekorasi dengan apik akan membuat rumah terlihat lebih menarik. Salah satu cara membuat dinding lebih menarik yaitu dengan menghadirkan tekstur. 

Baca juga: 5 Ide Dinding Aksen untuk Kamar Tidur Bayi

Ada berbagai pilihan tekstur yang bisa ditampilkan di dinding rumah. Dikutip dari Design Cafe, Sabtu (18/5/2024), berikut beberapa ide tekstur dinding yang membuat rumah terlihat lebih menarik. 

Dinding batu

ilustrasi ruang tamu farmhouse berdinding batuShutterstock/Laci_10 ilustrasi ruang tamu farmhouse berdinding batu

Tekstur dinding batu bisa membuat ruangan terasa lebih alami dan terbuka. Tekstur ini bisa memberikan kesan anggun dan bersahaja. 

Kesan alami dari tekstur batu juga membuat ruangan terasa lebih nyaman. Dinding bertekstur batu sangat cocok untuk ruang tamu.

Baca juga: Cara Membuat Dinding Batu Bata Ekspos Mengilap

Dinding 3D dengan warna netral

Selanjutnya, ide tekstur dinding lainnya yaitu tekstur dinding tiga dimensi atau 3D, namun dengan warna netral. Tekstur dinding ini menciptakan kesan berani dan pengalaman visual yang dinamis. 

Tekstur rumit pada dinding 3D menambah kedalaman dan daya tarik pada ruangan. Pola geometris hingga bentuk abstrak sangat cocok dipadukan dengan warna netral. 

Tekstur wallpaper bermotif tanaman

Selain membuat tekstur dinding batu, cara lain untuk menambah kesan alami di dalam ruangan yaitu dengan menambahkan tekstur dari wallpaper bermotif tanaman. 

Nuansa alami akan kental terasa dan membuat ruangan terlihat lebih segar dan asri. Wallpaper bermotif tanaman ini ditampilkan pada dinding ruang tamu atau ruang keluarga. 

Baca juga: 6 Ide Wallpaper yang Cocok Dipasang di Area Pintu Masuk

Dinding kayu berwarna putih

Pilihan tekstur dinding lainnya yang bisa dicoba yaitu dinding dari kayu berwarna putih. Material alami ini membuat ruangan terlihat estetik dan unik. 

Dinding dari kayu berwarna putih bisa memberikan kesan hangat dan nyaman. Dinding kayu cocok ditampilkan di berbagai ruangan.

ilustrasi dinding berteksturShutterstock/Hanna Tsymbaliuk ilustrasi dinding bertekstur

Dinding bermotif geometris

Desain dinding tekstur geometris akan menciptakan rasa keseimbangan dan ketenangan di dalam ruangan. 

Tekstur ini juga bisa menambah daya tarik visual sekaligus mempertahankan ketenangan, sehingga tekstur ini cocok ditampilkan pada dinding kamar tidur. 

Baca juga: 5 Jenis Pelapis Dinding Terbaik, Apa Saja?

Itulah beberapa ide tekstur dinding yang bisa dicoba di rumah. Selain membuat ruangan terlihat lebih cantik, tekstur pada dinding juga bisa menambah karakter dan daya tarik di ruangan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com