Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2023, 21:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama yang kehadiran mengkhawatirkan di rumah. Pasalnya, tikus tidak hanya memakan makanan, namun juga menggigit kabel, merusak struktur bangunan, hingga menyebarkan penyakit.

Meskipun ada banyak cara mengusir tikus di rumah, tahukah Anda bahwa ada kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan ternyata memancing kehadiran tikus?

Dikutip dari Best Life, Jumat (4/8/2023), berikut beberapa kebiasaan yang membuat tikus muncul di rumah.

Baca juga: 5 Tanaman di Halaman Rumah yang Memicu Kehadiran Tikus dan Serangga

Ilustrasi tikus di rumah.Shutterstock/A. Pomidorov Ilustrasi tikus di rumah.

1. Membiarkan halaman rumah berantakan

Meskipun pemeliharaan halaman rumah mungkin bukan prioritas utama Anda, membiarkan halaman rumah berantakan dapat menjadikan rumah Anda sasaran utama tikus.

Tikus dapat bersarang dan bersembunyi di tumpukan kayu atau kekacauan lain di sekitar rumah, akhirnya masuk ke dalam, jelas Nancy Troyano, ahli entomologi bersertifikat dari Ehrlich Pest Control.

Untuk mencegah masalah tikus, imbuh Troyano, jaga bagian dalam dan luar rumah tetap rapi, termasuk tanaman yang dipangkas.

2. Tidak menutup celah di dinding eksterior rumah

Celah kecil di dinding mungkin tampak seperti bukan masalah besar bagi Anda, tetapi mungkin juga merupakan tanda yang menyambut kehadiran tikus.

Baca juga: Perhatikan dan Waspadai, Ini Tanda Ada Tikus di Dapur

Tikus muda dapat masuk melalui celah kecil di bawah pintu dan masuk melalui lubang atau lubang kecil, sebut Troyano. Ia merekomendasikan untuk mengisi celah yang terlihat dengan wol stainless steel dan dempul atau beton.

Troyano menyatakan bahwa bahkan celah yang bukan permukaan tanah dapat menarik tikus.Tikus bisa melompat, jadi periksa hingga ketinggian sekitar 120 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com