Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Disukai Tikus di Rumah, Makanan hingga Tempat Sampah

Kompas.com - 02/07/2023, 09:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama yang mengganggu di rumah. Oleh karena itu, mengetahui apa yang menarik tikus ke rumah akan membantu menjauhkannya dan mencegah infestasi.

Dikutip dari Tom's Guide, Minggu (2/7/2023), hal yang disukai dan dicari tikus di rumah adalah makanan, kehangatan, dan perlindungan. Dengan demikian, penting untuk menghilangkan sumber-sumber ini sedapat mungkin.

Selain merusak rumah, tikus diketahui membawa sejumlah penyakit atau memicu alergi yang dapat membahayakan kesehatan keluarga.

Baca juga: 10 Manfaat Tanah Diatom untuk Tanaman, Usir Tikus hingga Kutu Daun

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.

Berikut beberapa hal yang disukai tikus di rumah.

1. Sumber makanan

Salah satu hal utama yang dibutuhkan tikus adalah sumber makanan yang konsisten untuk menopang mereka. Masalahnya adalah, begitu tikus mengetahui adanya tempat makan di rumah atau pekarangan, mereka akan terus kembali lagi.

Pastikan Anda membuang remah-remah atau sumber makanan dari permukaan dan lantai dapur, segera bersihkan tumpahan atau kotoran.

Tutup semua sumber makanan potensial dalam wadah tahan rusak, kaca atau logam, sehingga sulit bagi tikus untuk mengunyah atau masuk.

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Tikus di Taman, Dijamin Langsung Pergi

Secara keseluruhan, penting untuk menjaga sanitasi yang baik, dan mengetahui cara membersihkan setiap ruangan di rumah, termasuk menyapu dan mengepel lantai secara teratur.

Selain itu, pertimbangkan makanan hewan peliharaan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, hindari meninggalkan mangkuk makanan dan air di siang hari, dan selalu bawa ke dalam ruangan di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com