Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Tanah Diatom untuk Tanaman, Usir Tikus hingga Kutu Daun

Kompas.com - 02/05/2023, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan dalam proses perawatan tanaman. Salah satunya adalah tanah diatom, yang dapat dijadikan sebagai pestisida alami dan nutrisi untuk tanah.

Dilansir Gardening Know How, Selasa (2/5/2023), tanah diatom terbuat dari fosil tanaman air dan merupakan senyawa mineral sedimen silika yang terbentuk secara alami dari sisa-sisa tanaman mirip alga yang disebut diatom.

Tanah diatom adalah pestisida berbasis mineral dan komposisinya sekitar 3 persen magnesium, 5 persen natrium, 2 persen zat besi, 19 persen kalsium, dan 33 persen silikon, bersama dengan beberapa mineral lainnya.

Baca juga: 3 Penyebab Tanaman Monstera Layu Cara Mengatasinya

Ilustrasi tanah diatom. Tanah diatom memiliki banyak manfaat untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi tanah diatom. Tanah diatom memiliki banyak manfaat untuk tanaman.

Saat menggunakan tanah diatom untuk taman, sangat penting untuk membeli hanya tanah diatom “Food Grade” dan bukan tanah diatom yang sudah dan telah digunakan untuk filter kolam renang selama bertahun-tahun.

Dikutip dari Balcony Garden Web, berikut beberapa manfaat tanah diatom untuk tanaman dan cara menggunakannya.

1. Membasmi agas

Anda dapat menemukan serangga kecil bersayap ini di tempat-tempat seperti tempat sampah, limbah sayuran, buah-buahan yang terlalu matang, tanah yang terlalu banyak air, serta tanaman pot dengan media tanam yang membusuk.

Pada dasarnya, apapun yang basah atau lembap merupakan habitat yang cocok untuk hama ini. Kadang-kadang ketika Anda membeli tanaman pot, ada agas yang bertelur di tanah dan memakan alga, jamur, dan bahan tanaman busuk yang ada di tanah.

Baca juga: Bisakah Menggunakan Lampu LED untuk Pertumbuhan Tanaman?

Agas mampu merusak kesehatan tanaman. Tanah diatom dapat membantu Anda membasmi agas.

Cukup bersihkan tanaman pot dengan tanah diatom untuk menjaga tanah lapisan atas tetap kering dan agas kering atau larva yang hinggap di tanaman.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com