Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Pengusir Tikus di Taman, Dijamin Langsung Pergi

Kompas.com - 21/04/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tikus dan hewan pengerat lainnya di rumah tak hanya mengganggu, tetapi juga menyebabkan kerusak dan menyebarkan penyakit. 

Tikus juga bisa muncul di area luar rumah, seperti taman, dan merusak kesehatan tanaman serta tanah. Biasanya, tikus dapat memakan hampir semua jenis tanaman sehingga cukup sulit membasminya dari tanaman. 

Baca juga: Minyak Peppermint Ampuh Membasmi Tikus di Rumah, Betulkah?

Untungnya, mengusir tikus di taman tak harus menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan tanaman dan lingkungan. 

Metode termudah membasmi tikus dari taman adalah menanam tanaman yang dibenci tikus. Hewan pengerat ini akan menghindarinya saat muncul di taman. 

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (21/4/2023), berikut beberapa tanaman pengusir tikus

Iris

Ilustrasi bunga iris ungu.Shutterstock/Marian Lazaro Martin Ilustrasi bunga iris ungu.
Bunga iris sangat bervariasi dan harus ditanam di taman. Iris juga merupakan salah satu bunga paling harum sehingga bisa menjadi pilihan tanaman pengusir tikus yang sangat baik.

Namun, Anda harus tahu bahwa bunga ini adalah tanaman lahan basah sehingga hanya tumbuh subur di tempat basah. Bunga yang hadir dalam warna ungu, biru, dan kuning ini  bisa mencerahkan taman sekaligus mengusir tikus.  

Baca juga: Waspada, Ini 11 Tanda Tikus Menggigit Kabel Listrik

Daffodils

Selanjutnya, tanaman pengusir tikus di taman adalah daffodils. Tanaman bunga ini membutuhkan perawatan rendah dan sinar matahari cerah untuk tumbuh kembali setiap tahun.

Namun, daffodils adalah tanaman beracun sehingga berbagai hama, termasuk tikus, akan menjauh dari kebun. Daffodils mekar pada musim semi, bahkan dapat ditanam di bawah pohon karena bunganya mekar di musim semi, sebelum daun pertama.

Bunga daffodils adalah tambahan indah untuk taman, mudah dirawat, serta menambahkan titik terang sinar matahari yang akan kembali dari tahun ke tahun.  

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Bisa Ditanam di Kebun dan Dalam Rumah

Marigold

Ilustrasi tanaman marigold.SHUTTERSTOCK/Printemps PhotoArt Ilustrasi tanaman marigold.
Marigold memiliki aroma yang terkenal dapat mengusir sebagian besar hama, termasuk tikus, nyamuk, ulat tomat, bahkan serangga labu.

Tanaman pengusir tikus ini banyak ditemukan di kebun karena berteman baik dengan tomat dan labu. Marigold juga akan menjauhkan rusa,  kelinci, lalat, dan serangga lainnya dari kebun. 

Beberapa orang menanam bunga marigold di dalam kotak di luar jendela untuk menjauhkan serangga dari dalam ruangan. Jika ingin menanam bunga ini, perlu diingat bahwa marigold membutuhkan waktu cukup lama untuk berkecambah. 

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Serangga, dari Lavender sampai Mint

Lavender

Lavender juga menjadi tanaman pengusir tikus yang ampuh dan bisa ditanam di taman rumah. Selain tikus, lavender juga ampuh mengusir hewan pengerat, kumbang, dan ngengat. 

Lavender sangat harum dan memiliki warna ungu tua yang indah yang akan menambah kecerahan serta keindahan taman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com